Text
Desain Tata Cahaya Ruang Kelas Dalam Membentuk Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Menyenangkan) Pada Siswa Mi Darul Akhlaq Toronan Pamekasan
Kata Kunci: Desain Tata Cahaya, Ruang Kelas
Desain adalah suatu seni terapan atau bisa dikatakan pencapaian atau hasil
dari kekreatifan. Desain tata cahaya serta penataan ruangan serta menggunakan
strategi atau metode pembelajaran secara baik yang harus dilakukan untuk
bagiamana bisa terjadinya pembelajaran yang diinginkan yaitu pembelajaran
dengan suasana yang kondusif, sehingga harus ada cara untuk menciptakan suasana
yang kondusif. PAIKEM adalah merupakan suatu singkatan dari pembelajaran aktif
inovatif kreatif dan menyenangkan,
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam
dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk Untuk menjelaskan desain tata
cahaya ruang kelas dalam membentuk PAIKEM pada siswa MI Darul akhlaq
Toronan Pamekasan dan yang kedua untuk mendeskripsikan dampak desain tata
cahaya ruang kelas dalam membentuk PAIKEM pada siswa MI Darul akhlaq
Toronan Pamekasan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat, dan
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang MI Darul Akhlaq Toronan
Pamekasan menggunakan pencahayaan energi listrik dengan mempermudah akses
pencahayaan hingga menjadi lebih efektif dan nyaman untuk pengkihatan, tidak
menghambat kelancaran kegiatan dan tidak mengganggu kesehatan dalam ruangan
tertentu, dan juga menggunakan desain penataan ruang kelas dan tempat duduk
supaya bisa diatur dalam proses belajar, sehingga menciptakan keatifan bagi para
siswa dan bisa memberikan prestasi yang baik serta terbentuknya mental yang kuat
bisa aktif dan inovatif bagi siswa, dan yang kedua Proses belajar dalam kelas MI
Darul Akhlaq Toronan Pamekasan sangat baik dan lancar bahkan tercipta
pembelajaran yang menyenangkan karena efek keindahan dalam ruangan serta
tercipta keaktifan bagi siswa dan efektif dalam proses belajar, kenyamanan dan
kesenangan juga dirasakan oleh para siswa, model pembelajaran tercapai sesuai
rencana ketika di lakukan penataan ruang dan melakukan desain tata cahaya dalam
ruangan sehingga model pembelajaran yang direncakan itu tercapai seperti
terciptanya siswa yang aktif dalam proses pembelajaran inovatif dan kreatif saat
dalam melakukan segala sesuatu yang bersifat karya dan seni, serta efektif dalam
pembelajaran dan merasakam kenyaman dalam kelas ketika saat pembelajara
Tidak tersedia versi lain