Text
Upaya Guru Untuk Mengetahui Faktor Kemalasan Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Al-Hakim Sampang
Kata Kunci: Kemalasan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor kemalasan belajar
peserta didik, hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dan juga dukungan
dari orang tua yang menyebabkan peserta didik menjadi malas untuk belajar hal
tersebut nantinya akan berdampak pada proses belajarnya. Tujuan Dari Peneliti
yaitu, Untuk Mengetahui tentng Upaya Guru Untuk Mengetahui Faktor
Kemalasan Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Al-Hakim Sampang. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus
peneliti yang menjadi acuan kajian peneliti ini yaitu: Pertama, Gambaran Faktor
Kemalasan Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Al- Hakim Sampang? Kedua, Upaya Guru Dalam Mengatasi Faktor
Kemalasan Belajar Peserta Didik di SMP Al- Hakim Sampang? Ketiga, Faktor
Penghambat Dan Pendukung Dalam Faktor Kemalasan Belajar Peserta Didik Di
SMP Al- Hakim Sampang?
Penelitian ini Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif, Prosedur
Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara,
Observasi, Dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data dan Kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan Keabsahan
data hasil penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses
pengamatan, dan yang terakhir menggunakan triangulasi
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Gambaran Faktor
Kemalasan Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam yaitu, kurang suka terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru mata
pelajaran, Dari isi materi pelajaranya sulit dipahami, Kedua, Upaya Guru Untuk
Mengetahui Faktor Kemalasan Belajar Peserta Didik yaitu, Dengan Memberikan
sebuah Bentuk Motivasi dan Rasa semangat yang tinggi, Menciptakan Suasana
kelas menjadi nyaman, Ketiga, Faktor Penghambat Dan Pendukung Kemalasan
Belajar Peserta Didik yaitu, Faktor Penghambatnya disebabkan oleh kurangnya
fasilitas sekolah yang kurang memadai, kurangnya minat belajar dari dalam diri
Sedangkan Faktor Pendukungnya yaitu: Berasal dari guru pengajar yang
menjadikan peserta didik menjadi memiliki daya Tarik semangat untuk belajar
Tidak tersedia versi lain