Text
Implementasi Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci :Implementasi, Video Animasi, Motivasi Belajar.
Video animasi merupakan media pembelajaran atau alat bantu dalam
kegiatan belajar mengajar dengan menampilkan gambar hidup, yang mana apabila
suatu materi pembelajaran dituangkan dalam bentuk audio visual (bergerak,
berwarna dan bersuara) kemungkinan akan manarik minat siswa untuk mengikuti
proses pembelajaran sehingga siswa akan termotivasi juga dalam mengikuti
kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan
masalah pada penelitian ini adalah pertama bagaimana implementasi video
animasi?kedua apakah video animasi bisa memotivasi siswa?ketiga apa faktor
pendukung dan faktor penghambatvideo animasi? keempat apa solusi dari faktor
penghambat video animasi?Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaanya, untuk mengetahui apakah implementasi video animasi
bisa memotivasi siswa, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan faktor
penghambat serta solusinya.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya
adalah deskriptif.Yang mana hasil dari deskripsi pada skripsi ini diperoleh melalui
data yang peneliti dapat dari hasil observasi dan terjun langsung kelapangan saat
kegiatan belajar mengajar menggunakan media video animasi serta wawancara
secara langsung kepada sumber data, selain itu ada beberapa dokumentasi sebagai
pengumpulan data.
Dari hasil penelitian yang peneliti dapat tentang implementasi video
animasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah
kebudayaan Islamkelas VII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan yang
pertama sebelum pemutaran video guru terlebih dahulu menjelaskan materi yang
akan disampaikan dan di akhir pembelajaran guru akan membuat kesimpulan dan
pertanyaan. Kedua dengan videoanimasi merupakan media yang sangat efektif di
gunakan karena membuat siswa jadi lebih termotivasi dan membuat siswa jadi
lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di kelas dikarenakan media ini
sangat menyenangkan. Ketiga dalam implementasi video animasi terdapat faktor
pendukung yang dapat menarik perhatian siswa, membuat siswa jadi termotivasi
dan dapat menghemat waktu guru, adapun faktor penghambatnya adalah fasilitas
yang kurang memadai sehingga gambar dan kualitas suara yang kurang membuat
siswa yang duduk di belakang kurang jelas. Ke empat meskipun adanya
penghambat dalam pengimplementasian video animasi pada mata pelajaran SKI
ada solusi yang guru terapkan agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar dengan
cara guru tetap menciptkan suasana kelas yang kondusif, dan mempersilahkan
siswa bagian belakang untuk bergabung kebangku depan agar lebih jelas untuk
memperhatikan dan memahami materi.
Tidak tersedia versi lain