Text
Dukungan Orangtua Terhadap Kemandirian Anak (Studi Fenomenologi Terhadap Anak Tunagrahita Mampu Didik Di SLB PGRI Pademawu Pamekasan)
Kata Kunci: Dukungan Orangtua, Tunagrahita Ringan, Kemandirian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak yang memiliki kebutuhan khusus
pada daya pikir atau kecerdasan yang berada dibawah rata-rata pada anak nomal
yaitu anak tunagrahita. Untuk melatih kemandirian anak tunagrahita itu susah-susah
gampang oleh karena itu pastinya membuntuhkan peran dan dukungan besar dari
orangtua. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bentuk dukungan yang
dilakukan orangtua untuk kemandirian anak tunagrahita. Berdasarkan hal tersebut,
ada dua fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana bentuk dukungan orangtua dalam memandirikan anak tunagrahita
mampu didik di SLB PGRI? Kedua, bagaimana dampak dari dukungan orangtua
terhadap perilaku anak tunagrahita mampu didik di SLB PGRI?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi, dan dokumentasi dengan tiga subjek penelitian. Sedangkan dalam
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian
dalam pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan dalam pengamatan dan triangulasi.
Tidak tersedia versi lain