Text
Perbandingan Penggunaan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Memahami Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan
Kata kunci : Metode Perbandingan, metode ceramah, metode diskusi, aqidah
akhlak.
Metode perbandingan sangat banyak digunakan sebagai metode yang paling
mudah untuk mendapatkan hasil yang nyata. Metode ceramah merupakan cara
mengajar yang paling tradisional dan telah lama dilaksanakan oleh pendidik.
Metode diskusi merupakan suatu metode pengajaran yang mana pendidik memberi
suatu persoalan atau masalah kepada peserta didik, dan peserta didik diberikan
kesempatan secara bersama-sama untuk memecahkan masalah itu dengan peserta
didik lainnya. Aqidah akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama Islam yang
lebih mengedepankan aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusiaan
yang hendak di tanamkan dan ditumbuh kembangkan kepada peserta didik sehingga
dapat di internalisasikan serta di aplikasikan kedalam perilaku sehari-hari.
Penelitian ini dilatarbelakangi perbandingan metode ceramah dan diskusi
dalam aqidah akhlak. metode ceramah dan diskusi sangat berpengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran aqidah akhlak. Melalui kedua
metode ini, siswa akan mengenal seperti apa metode yang akan digunakan dalam
pembelajaran di sekolah dan dapat juga membantu siswa untuk mengembangkan
potensinya dengan metode tersebut. Selain itu juga siswa dapat mudah memahami
pelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi.
Rumusan masalah dari penelitian ini Pertama, bagaimana hasil perbandingan
penggunaan metode ceramah dan metode diskusi dalam pembelajaran aqidah
akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Kedua,
Bagaimana metode ceramah dan metode diskusi yang di terapkan dalam
pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pertama, bagaimana hasil
perbandingan penggunaan metode ceramah dan metode diskusi dalam
pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1
Pamekasan. Kedua, Bagaimana metode ceramah dan metode diskusi yang di
terapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) 1 Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif.
Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, angeket,
dan dokumentasi. Subjek yang diteliti sebanyak 16 siswa. Dalam proses analisis
data disini menggunakan bantuan aplikasi software SPSS v.25.
Hasil penelitian uji komparatif didapatkan nilai signifikasi 0,000 (kurang dari
0,05). Sehingga dikatakan jika nilai signifikan kurang dari 0,05, terdapat
perbandingan antara metode ceramah dan diskusi dengan pelajaran aqidah akhlak.
Tidak tersedia versi lain