Text
Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Al‐ Qur’an Hadist Di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi Metode Ceramah, Pembelajaran Al‐Qur’an Hadist.
MA Miftahul Qulub adalah Lembaga Pendidikan Islam tingkat menengah
atas yang ikut berperan dalam membimbing generasi muda islam untuk menjadi
hamba yang mampu memahami Al‐Qur’an Hadist untuk bekal hidup di dunia dan
akhirat. Dalam mengembangkan potensi peserta didik, kepala Madrasah dan
Wakil kepala Madrasah perlu berdiskusi dengan guru tentang mengatur berbagai
metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang akan diberikan
terhadap peserta didik. Metode merupakan teknik pembelajaran yang harus
dikuasai oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran terhadap peserta
didik, baik secara individu maupun kelompok. Sedangkan pembelajaran adalah
cara membentuk atau memantapka peserta didik terhadap suatu penyajian
informasi/bahan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
bagaimana implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist
di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan; kedua, bagaimana efektivitas
implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA
Miftahul Qulub Polagan Pamekasan; ketiga, faktor apa saja yang menghambat
implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA
Miftahul Qulub Polagan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian
Studi Kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunaka adalah Semi Terstruktur yang
merupakan gabungan antara wawancara terstuktur dan tidak terstruktur sedangkan
jenis observasi yang digunakan yaituobservasi Non Partisipan. Informannya
adalah kepala Madrasah, guru Al‐Qur’an Hadist dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, mengenai implementasi
metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Miftahul Qulub
Polagan Pamekasan menunjukkan bahwa, guru Al-Qur’an Hadist menggunakan
metode ceramah sebagai metode pembelajaran untuk menjelaskan materi ayatayat Al-Qur’an dan Hadsit Nabi terhadap peserta didik di dalam kelas; kedua,
mengenai efektivitas implementasi metode ceramah dalam pembelajaran AlQur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan menunjukkan bahwa,
guru telah memberikan dan menguasai materi untuk diajarkan kepada peserta
didik sehingga mudah untuk memahami materi; ketiga, mengenai faktor apa saja
yang menghambat implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an
Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan menunjukkan bahwa, kondisi
kelas yang cenderung ramai dan tidak terkontrol
Tidak tersedia versi lain