PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ushul Fiqh Di MAN Sumenep

Sofa Said Syamlan - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi Guru, Kejenuhan Belajar, MAN Sumenep
Strategi adalah rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan
eksekusi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Di sini lebih
kepada strategi pembelajaran yaitu bagaimana seorang guru dapat menyusun strategi semenarik
mungkin agar pembelajaran dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hal tersebut,
maka ada dua rumusan masalah yang menjadi pokok kajian penelitian ini. Pertama, bagaimana
penyebab siswa mengalami kejenuhan belajar pada mata pelajaran Ushul Fiqh di MAN
Sumenep. Kedua, bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajaran pada mata
pelajaran Ushul Fiqh di MAN Sumenep.
Penelitian ini menggunakan kualiatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka
kurikulum, guru bimbingan konseling (BK), guru mata pelajaran Ushul Fiqh dan siswa kelas 12
jurusan Keagamaan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya ialah perpanjang keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitiannya ialah pertama, siswa mengalami kejenuhan belajar dalam memahami
materi Ushul Fiqh dikarenakan beberapa faktor yaitu referensi terkait Ushul Fiqh di MAN
Sumenep sangat minim sehingga siswa kurang memahami materi Ushul Fiqh yang disampaikan
oleh guru, juga terkadang guru kurang kreaktif dalam menentukan strategi atau metode
pembelajaran dan suasana belajar yang tidak bervariatif membuat siswa merasa jenuh dalam
mempelajari dan memahami materi Ushul Fiqh. Kedua, strategi yang digunakan guru dalam
mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Ushul Fiqh di MAN Sumenep
diantaranya; Guru menggunakan strategi yang sesuai dengan tipologi siswa sehingga lebih
mempermudah siswa dalam memahami materi Ushul Fiqh dan guru sebelum menyampaikan
pembelajaran memotivasi siswa terlebih dahulu guna membangun semangat siswa dalam belajar
Ushul Fiqh


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (TUGAS AKHIR) 112022131 SOF S
112022131
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112022131 SOF S
Penerbit
Pamekasan : IAI MADURA., 2022
Deskripsi Fisik
xii+61 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
112022131
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2022
Info Detail Spesifik
131
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?