Text
Metode Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDIT Al-Uswah Pamekasan
Kata Kunci: metode guru PAI, anak berkebutuhan khusus
Ada dua fokus penelitian dalam skripsi ini pertama, metode apa saja
yang digunakandalam pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di
SDIT Al-Uswah Pamekasan?. Kedua, apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di
SDIT Al-Uswah Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Yang menjadi sumber data utama dalam penelitian ini
adalah Kepala sekolah dan guru PAI dan sebagian siswa yang ABK. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Pengumpulan data memakan waktu lebih dari satu bulan. Teknik
analisis data memakai teknik analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Di SDIT Al-Uswah Pamekasan
bahwa dalam penggunaan metode menggunakan metode kombinasi seperti
dengan media gambar kemudian bentuk-bentuk soal dibacakan, kemudian
diminta untuk diceritakan merangkai kata yang lebih banyak seperti sallim,
kemudian ditanya sallim sama siapa dan seterusnya. memadukan konsep dari
diknas dengan konsep Islam sehingga dikenal dengan kurikulum islam
terpadu, seperti jadwal tentu beda dengan sekolah yang lain disini ada jadwal
kelas bawa dan kelas atas artinya kelas 1-3 dan kelas 4-6. Ada kegiatan pagi
mencakup sholat dhuha, fonik, jurnal dan ngaji baru masuk pelajaran. Faktor
yang mempengaruhi minat anak sendiri untuk belajar. Faktor pendukungnya
terkadang datang dari temannya sendiri dan juga fasilitas sekolah dan
kekompakan guru. Cara khusus yang digunakan terkadang menggunakan
media game, kertas lipat, dan stimulus.
Adapun saran dalam skripsi ini yaitu, penelitian ini dapat menjadi
inspirasi dikalangan praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa, baik sebagai
bahan perkuliahan, skripsi, pengayaan perpustakaan dan tentunya menambah
wawasan yang berkaitan dengan metode pembelajaran guru PAI pada ABK.
Dan akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dan bahan referensi juga
kajian yang berkaitan dengan metode pembelajaran guru PAI pada ABK.
Tidak tersedia versi lain