Text
Penggunaan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Kisah, Pemahaman Siswa, Al-Quran Hadits
Kegiatan pembelajaran guru harus memiliki strategi agar anak didik dapat
belajar secara efektif dan efisien salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah
harus menguasi tekhnik-tekhnik penyajian atau biasa disebut metode mengajar.
Untuk itu peneliti menerapkan metode kisah guna memberikan pemahaman
mendalam kepada siswa sehingga dengan menggunakan metode tersebut siswa sangat
aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran terutama Al-Quran
Hadits. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana penerepan metode kisah dalam meningkatkan pemahaman siswa
pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII MTs Mambaul Ulum Bandaran
Tlanakan Pamekasan? kedua Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada mata
pelajaran Al-Quran Hadits kelas VIII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan
Pamekasan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs
kelas VIII dengan Sampel yang berjumlah 20 siswa. dan pengumpulan data dilakukan
dengan melakukan, observasi, tes, dokumentasi guna meningkatkan pemahaman
siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, penerapan metode kisah siswa aktif
mengikuti pembelajaran sehingga siswa mampu memahami pembelajaran yang
disampaikan. Dilihat dari hasil obervasi aktifitas peneliti dan siswa dapat disimpulkan
bahwa hasil aktivitas peneliti pada siklus I masih dalam kategori tinggi atau dengan
nilai 73,33 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sangat tinggi
dengan nilai 83,33 dan hasil aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 70 dengan
kategori tinggi, sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai 90 dengan kategori
sangat tinggi. kedua, peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil pree-test
perolehan nilai siswa secara klasikal mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70
dengan kategori tinggi dan pada siklus II sebesar 90 dengan kategori sangat tinggi.
karena perhatian peserta didik yang sepenuhnya terpusat pada pembelajaran.
disimpulkan bahwa penggunaan metode kisah dapat meningkatkan pemahaman
siswa.
Tidak tersedia versi lain