Text
Penggunaan Bahasa Komunikatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan
Kata Kunci: Penggunaan Bahasa Komunikatif, Pendidikan Agama Islam
Dibutuhkan kajian lebih lanjut mengenai penggunaan bahasa komunikatif
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam supaya kegiatan pembelajaran PAI
menjadi lebih baik dan maksimal. Terdapat beberapa fenomena yang terjadi pada
kegiatan pembelajaran PAI di MAN 1 Pamekasan khususnya yaitu masalah
tentang penggunaan bahasa komunikatif selama kegiatan pembelajaran. Dimana
memang terkadang ada guru PAI yang kurang memperhatikan penggunaan
bahasanya, sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan
oleh guru. Maka dari itu guru PAI harus lebih memperbaiki dan mengembangkan
variasi penggunaan bahasa selama kegiatan pembelajaran PAI. Sehingga dengan
penelitian ini, sangat diharapkan agar guru dapat lebih maksimal lagi dalam
penggunaan bahasa komunikatif pada mata pelajaran PAI, dalam artian bahasa
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harus tepat, jelas, menarik dan
sesuai dengan materi pembelajaran.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian kualitatif deskriptif yakni memaparkan data secara deskriptif yang
dimaksudkan agar dapat menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa dengan
saksama, tersruktur, dan tanpa adanya manipulasi didalamnya. Sedangkan sumber
data pada penelitian ini antara lain yaitu person, place, dan paper. Sumber data
person yaitu dengan cara melakukan wawancara kepada Kepala MAN 1
Pamekasan, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Mata Pelajaran PAI, dan
juga siswa MAN 1 Pamekasan. Sumber data place yaitu dengan cara melakukan
observasi di MAN 1 Pamekasan, sedangkan sumber data paper yaitu dengan cara
melakukan analisis hasil dokumentasi dengan data yang telah diperoleh selama
kegiatan wawancara dan kegiatan observasi.
Berikut ini hasil analisis terkait fenomena dan hasil temuan penelitian
yang telah didapatkan selama kegiatan penelitian di MAN 1 Pamekasan. Pertama,
penggunaan bahasa komunikatif dapat mempermudah interaksi dan kolaborasi
antara guru dan siswa, serta dapat membuat kegiatan pembelajaran PAI menjadi
lebih aktif, efektif, dan menyenangkan. Kedua, untuk menciptakan kelas yang
komunikatif maka dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan beberapa
bahasa misal: mengkombinasikan bahasa Indonesia, bahasa Madura, bahasa
inggris, dan bahasa Arab pada kegiatan pembelajaran PAI. Ketiga, Materi
pelajaran PAI akan lebih jelas dan mudah dipahami jika pemilihan kata, kalimat,
intonasi, dan suara yang tepat jelas dan lantang. Keempat, Menciptakan
pembelajaran yang aktif dan komunikatif dapat dilakukan dengan menerapkan
kombinasi bahasa dalam kegiatan pembelajaran PAI. Kelima, Performa guru
sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Keenam, untuk menciptakan kelas yang komunikatif pada mata pelajaran PAI
maka harus berpedoman pada strategi PAIKEM
Tidak tersedia versi lain