Text
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Sumber Payung Sumenep
Kata Kunci : Hasil Belajar, Multimedia Interaktif, Tematik
Rendahnya hasil belajar peserta didik karena pembelajaran yang masih
bersifat stagnan dengan metode konvensional yang mendominasi sehingga
menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan serta materi yang
diberikan hanya tersimpan dalam memori saja tanpa adanya pengembangan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan
penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V MI Sumber
Payung Sumenep, 2) mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar dengan
menggunakan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas V MI
Sumber Payung Sumenep, 3) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan
penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik dalam
meningkatkan hasil belajar kelas V MI Sumber Payung Sumenep.
Penelitian ini menggunakan metode mixing methode melalui penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan
dengan dua putaran siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni:
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V MI Sumber Payung Sumenep tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah
30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara,
observasi, tes, dan dokumentasi. KKM untuk pembelajaran tematik kelas V MI
Sumber Payung Sumenep adalah 70.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil
belajar dengan menggunakan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik
kelas V MI Sumber Payung. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil
penilaian siswa pada setiap siklusnya. Prasiklus ketuntasan belajar siswa adalah
0%, siklus 1 mencapai 30%, dan siklus 2 mencapai 86,67%. Upaya meningkatkan
hasil belajar dengan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran
tematik kelas V MI Sumber Payung adalah dengan melakukan beberapa langkah
yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak
dua putaran siklus. Adapun kelebihan penggunaan multimedia interaktif adalah
memperjelas penyampian materi, peserta didik mampu berperan aktif dalam
kegiatan pembelajaran, terciptanya suasana pembelajaran yang lebih aktif, kreatif,
dan inovatif, meningkatkan motivasi, minat, dan hasil belajar, dapat melihat objek
secara langsung, tidak terbatas ruang dan waktu sedangkan kekurangan
penggunaan multimedia interaktif adalah dalam proses pembuatannya
membutuhkan skill khusus dan waktu yang cukup lama
Tidak tersedia versi lain