Text
Implementasi Kantin Kejujuran sebagai Upaya dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa di SMPN 1 Proppo Pamekasan
Kata Kunci: Kantin Kejujuran, Karakter Jujur, Siswa
Penelitian ini berlokasi di SMPN 1 Proppo, dimana dapat dikatakan bahwa sekolah ini
sangat peduli akan pentingnya pendidikan karakter siswanya. Kepedulian ini didasari oleh
kesadaran sekolah atas kemerosotan karakter yang tengah dihadapi generasi muda bangsa ini
akibat dampak globalisasi. Adapun bentuk kepedulian tersebut dilihat dari kegiatan-kegiatan
yang diadakan sekolah, salah satunya adalah penyelenggaraan kantin kejujuran.
Terdapat tiga fokus masalah yang menjadi kajian pada penelitian ini yaitu: Pertama,
bagaimana penyelenggaraan kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo dapat menanamkan karakter
jujur pada siswa. Kedua, bagaimana karakter jujur siswa di SMPN 1 Proppo melalui
penyelenggaraan kantin kejujuran. Dan yang ketiga, apa faktor penghambat dalam
penyelenggaraan kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif.
prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Serta
tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap
analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, cara kantin kejujuran di SMPN 1
Proppo dalam menanamkan karakter jujur pada siswanya yaitu melalui sistem pelayanan yang
di gunakan. Sistem pelayanan yang digunakan adalah self service system, dimana siswa
melakukan transaksinya secara mandiri, mangambil apa yang ingin dibelinya sendiri, mencari
harga makanan yang dibelinya sendiri, membayar harga makanan sesuai nominal yang tertera
sendiri, serta mengambil kembalian jika diperlukanpun sendiri, karena memang jajanan yang
dijual di kantin kejujuran ini ditata rapi dan dibiarkan begitu saja di atas meja. Kedua, karakter
jujur siswa di SMPN 1 Proppo dengan adanya penyelenggaraan kantin kejujuran ini dapat
dikatakan berhasil. Keberhasilan ini ditandai oleh beberapa hal seperti: kemajuan siswa dalam
berperilaku jujur baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, hampir tidak adanya
keluhan atau kasus-kasus yang berkaitan dengan karakter jujur siswa, menurunnya pelanggaran
terhadap tata tertib dan norma-norma yang dilakukan siswa di sekolah, serta minimnya
kerugian yang dialami kantin kejujuran dalam proses penyelenggaraannya. Ketiga, faktor
penghambat dalam penyelenggaraan kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo yaitu berasal dari
faktor internal dan eksternal. Faktor internal penghambat kantin kejujuran di SMPN 1 Proppo
adalah masih ada saja siswa yang kurang jujur sehingga menimbulkan kerugian. Sedangkan
faktor eksternalnya adalah jajanan yang dijual kurang bervarasi dan tidak selengkap kantin
umum, sarana prasarana yang kurang memadai, serta sulitnya mencari uang kembalian
sehingga membuat siswa beberapa kali urung untuk membeli makanan di kantin kejujuran
Tidak tersedia versi lain