Text
Korelasi Antara Self Esteem dengan Perilaku Konsumtif pada Online Shop di MAN 2 Pamekasan
Kata Kunci : Self esteem, Perilaku Konsumtif
Self esteem atau harga diri merupakan penilaian diri sendiri atau penilaian
orang lain baik secara negatif maupun positif. Sedangkan, perilaku konsumtif
adalah suatu perilaku yang irasional dalam membeli dan menggunakan sesuatu
yang didasarkan pada pemenuhan keinginan bukan kebutuhan hidup. Selanjutnya,
online shop adalah e-commerce yang dimanfaatkan secara online untuk
menjualkan produk atau jasa, tanpa penjual harus bertemu dengan pembelinya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional populasi yang digunakan sebanyak 140 siswa. Metode
penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya
adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga
pembuatan desain peneltiannya. Penelitian ini bersifat penelitian survei, yaitu
penelitian yang dalam pengumpulan informasi menggunakam kuesioner, interviu,
angket atau skala untuk menggambarkan karakteristik dari suatu populasi.
Penelitian kuantitatif ini berjenis penelitian koresional yang merupakan suatu tipe
penelitian yang melihat suatu hubungan antara satu atau beberapa variabel dengan
beberapa variabel lainnya.
Tidak tersedia versi lain