Text
Penerapan Metode Role playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Mlaka II Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang,
Kata Kunci: Penerapan, role playing, pembelajaran bahasa Indonesia
SDN Mlaka II Jrengik Sampang merupakan salah satu sekolah dasar yang
memiliki metode role playing hanya saja penerapannya masih kurang maksimal.
Pada dasarnya, metode role playing digunakan dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia di setiap sekolah baik negeri Berdasarkan observasi awal yang dilakukan
oleh peneliti ditemukan penggunan metode role playing memang dilaksanakan oleh
semua kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, pertama bagaimana
penerapan metode role playing dalam pembelajaran bahasa indonesia di SDN
Mlaka II Jrengik Sampang; dan kedua, apa saja kendala penerapan Metode Role
playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Mlaka II Jrengik Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Informennya adalah kepala sekolah SDN Mlaka II Jrengik Sampang,
guru bahasa Indonesia SDN Mlaka II Jrengik Sampang, kelas 5 dan siswa. Metode
pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan
oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya kondensasi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode role
playing dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Mlaka II Kecamatan Jrengik
Kabupaten Sampang, yaitu: kepala sekolah selaku pemimpin yang mengawasi
sistem pembelajaran di sekolah selalu memantau perkembangan siswanya melalui
metode pembelajaran yang digunakan guru. Guru menerapkan metode role playing
dengan menggunakan beberapa cara yaitu peraga tubuh, bermain peran, bercerita
bahkan sesekali menggunakan properti seperti spidol, papan tulis atau pun
penghapus agar siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran. 2) Kendala
penerapan metode role playing dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN
Mlaka II Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang, yaitu: pertama, dalam proses
pembelajaran tidak semua mata pelajaran dapat menggunakan metode role playing,
salah satunya pada mata pelajaran matematikan yang lebih menggukan metode
praktis atau praktik. Kedua, penerapan metode role playing dapat memudahkan
siswa, akan tetapi setiap siswa memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda
dalam memamahi metode pembelajaran yang guru terapkan
Tidak tersedia versi lain