Text
Dampak Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan
Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan, Sosial Emosional
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan peneliti tentang banyaknya
perbedaan pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak, yang disebabkan karena
terdapat faktor yang melatar belakangi orang tua dalam memberikan pola asuh.
Pemberian pola asuh tersebut dan berdampak pada perkembangan sosial emosional
anak yang ada di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengungkapkan suatu sasaran yang akan dicapai dalam
suatu penelitian yang telah dilaksanakan dengan berdasar pada fokus penelitian.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu :
Bagaimana dampak pola asuh yang di terapkan orang tua pada perkembanganan
sosial emosional anak di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan ?,
Bagaimana gambaran perkembangan sosial emosional anak di TK Al-Faizin, Desa.
Panaguan, Kec. Larangan ?, Apa saja faktor yang menyebabkan perbedaan pola
asuh orang tua pada anak di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi kondensasi data,
penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian dalam
proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui triangulasi, member
check, dan validator.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dampak pola asuh
orang tua pada perkembangan sosial emosional yang ada disekolah ini sangat terasa
dengan jelas oleh guru, dan orang tua, bahkan oleh peneliti yang melakukan
penelitian di sekolah tersebut, berupa perilaku atau sikap yang ditunjukkan oleh
anak pada saat melakukan kegiatan bersosialisasi di lingkungan TK Al-Faizin ini,
Kedua, gambaran perkembangan sosial emosional yang ada disekolah ini juga dapat
dilihat oleh setiap orang dalam bentuk perilaku, salah satunya pada saat anak
melaksanakan kegiatan baris berbaris ada yang memang patuh, namun ada juga
yang tidak, dan ada juga siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi karena
diberikan pola asuh demokratis oleh orang tuanya, sekolah ini juga memberikan
kegiatan parenting sekaligus istighasah yang dilaksanakan setiap bulan sekali pada
hari jum’at legi, yang ketiga terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab
adanya perbedaan pada pola asuh orang tua kepada anak yang ada di TK Al-Faizin,
diantara faktor tersebut yaitu, faktor keadaan fisik orang tua, faktor ekonomi, faktor
psikologis, pengaruh masa lalu yang kurang baik dengan sosok anak kecil, faktor
media massa, yang terakhir adalah faktor Pendidikan
Tidak tersedia versi lain