Text
mplementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDN Gunung Sekar 2 Sampang
Kata Kunci: Implementasi Metode Ummi Pembelajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejadian atau penemuan yang terjadi di SDN
Gunung Sekar 2 Sampang dimana hal ini terdapat adanya metode pembelajaran Al-Qur’an ini,
tujuannya adalah untuk membumikan Al-Qur’an dan juga untuk mempermudah siswa SDN
Gunung Sekar 2 belajar tentang agama, tujuan kami kedepan supaya mencetak generasigenerasi Al-Qur’an, juga bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik, supaya peserta didik tidak
hanya terididik dalam pembelajaran umum saja melainkan juga pembelajaran agama
khususnya Al-Qur’an, untuk menambah spriritual para peserta didik kami. Ada tiga fokus
penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
pertama, Bagaimana Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDN
Gunung Sekar 2 Sampang. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implementasi
metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDN Gunung Sekar 2 Sampang, ketiga,
bagaimana keberhasilan implementasi metode ummi di SDN Gunung Sekar 2 Sampang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya yaitu
lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi,
analisis datanya yaitu berupa reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi dalam
catatan transkip wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan
data menggunakan triangulasi metode untuk menggabungkan data yang diperoleh, untuk
tahap-tahap penelitian ini merupakan menggunakan tiga tahap pra lapangan, tahap pekerjaan
lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: dalam pembelajaran metode Ummi di sdn
Gunung Sekar 2 Sampang, perencanaan, pelaksanaan, langkah-langkah, evaluasi. Kedua,
dengan pembacaan Al-Qur’an siswa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta
memperkokoh imannya sejak di bangku sekolah dasar.dengan adanya faktor pendukung seperti
adanya sarana dan prasana, belajar di luar ruangan kelas sehingga tidak merasa jenuh Dan
bosan, buku prestasi yang ia pelajari. Ketiga dengan keberhasilan pembelajaran memiliki
tingkah laku Kebiasaan yaitu Keterampilan, Akumulasi persepsi, Sikap, Nilai, Moral
Tidak tersedia versi lain