Text
Pengaruh pemisahan kelas peserta didik laki laki dan perempuan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih munakahat di ma mambaul ulum bata bata
kata kunci: pemisahan kelas, pemahaman siswa, fiqih munakahat
Pemisahan peserta didik laki-laki dan perempuan merupakan salah
satu sistem pengelolaan kelas. tujuan adanya pengelolaan kelas yaitu
menciptakan kondisi lingkungan belajar yang nyaman untuk kegiatan
belajar mengajar. MA Mambaul Ulum Bata-bata merupakan salah satu
sekolah yang menerapkan sistem pengelolaan kelas tersebut. Terdapat
salah satu materi fiqih dalam pelajaran PAI yang di pelajari di kelas XI
SMA/MA sederajat yaitu fiqih Munakahat yang membahas tentang
hubungan rumah tangga yang kadangkala membuat siswa/siswi malu atau
canggung untuk bertanya karena materi tersebut sehingga dapat
menghambat pemahaman siswa. Sehingga dengan adanya pemisahan
kelas antara laki-laki perempuan dalam pengelolaan kelas dapat mengani
permasalahan tersebut.
Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu pemisahan peserta
didik laki-laki dan perempuan dan pemahaman siswa. Penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh pemisahan kelas peserta didik laki-laki dan
perempuan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih
munakahat.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian asosiatif karena untuk
mengetahui pengaruh 2 variabel. Dalam penelitian ini menggunkan
kuesioner untuk menguji variabel X dengan 89 responden dan
menggunakan hasil belajar siswa kelas XI MA Mambaul Ulum Bata-bata
yang diperoleh dari dokumen resmi MA Mambaul Ulum Bata-bata untuk
menguji variabel Y. teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi
produk moment menggunkan aplikasi SPSS 22.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat pengaru
Tidak tersedia versi lain