Text
mplementasi Strategi Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI Di MA Nurul Yaqin Proppo Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Strategi Pembelajaran, Student Facilitator And Explaining.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejadian atau penemuan yang terjadi di di MA
Nurul Yaqin Proppo Pamekasan dimana terdapat beberapa siswa yang mengalami
kurangnya minat belajar. berdasarkan dalam penemuan tersebut maka guru aqidah akhlak
berinisiatif dengan menggunakan metode student Facilitator and explaining untuk
meningkatkan minat belajar siswa sehingga proses pembelajaran berjalan secara efektif
dan efisien.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Student FacilitatorAnd
Explaining Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI Di MA Nurul Yaqin Proppo
Pamekasan. Kedua, apa saja kendala Implementasi Strategi Pembelajaran Student
Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI Di MA Nurul
Yaqin Proppo Pamekasan. Ketiga, Apa saja solusi Implementasi Strategi Pembelajaran
Student Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak kelas XI Di MA
Nurul Yaqin Proppo Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yaitu
lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi,
analisis datanya yaitu berupa reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi
dalam catatan transkip wawancara, catatan lapangan, dan dokumen. Untuk pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi metode untuk menggabungkan data yang
diperoleh, untuk tahap-tahap penelitian ini menggunakan tiga tahap pra lapangan, tahap
pekerjaan lapangan dan tahap penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Dalam Pembelajaran Aqidah
Akhlak Kelas XI Di MA Nurul Yaqin Proppo. Perencanaan, pelaksanaan, langkahlangkah, evaluasi. Kedua, Kendala waktu dan sarana dan prasarana. Ketiga, solusi yang
dilakukan oleh guru yaitu, Guru harus mampu atau dapat memaksimalkan dengan baik,
dengan adanya waktu yang telah di tentukan artinya guru harus se kreatif mungkin di
dalam pembelajaran Aqidah khlak, guru harus dapat meminimlisir hal tersebut dengan
memanfaatkan media cetak yang ada seperti buku paket, LKS, serta guru di tuntut untuk
lebih kreatif dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, guru harus menyiapkan materi ajar
dengan sebaik mungkin, mempunyai kreatifitas, strategi pembelajaran yang membuat
siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain