Text
Strategi Pengembangan Buku Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Santri Di Lembaga Pesantren Islam Al-Hamidy Banyuanyar
Kata Kunci: Pengembangan Buku Perpustakaan, Kualitas Belajar.
Manajemen perpustakaan adalah kegiatan mengatur, mengelola,
menghimpun dan mengendalikan sumber-sumber daya yang dimiliki oleh
perpustakaan agar dapat berguna secara efektif sesuai dengan tugas, fungsi dan
tujuan perpustakaan. Manajemen pengembangan bahan pustaka baik berupa buku
maupun jenis lainnya secara umum terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu pemilihan
atau seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka dan Evaluasi.
Dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian sebagai berikut:
Pertama, bagaimana strategi pemilihan buku perpustakaan di Lembaga Pesantren
Islam Al-Hamidy Banyuanyar. Kedua, Bagaimana proses pengadaan buku
perpustakaan di Lembaga Pesantren Islam Al-Hamidy Banyuanyar. Ketiga,
Bagaimana strategi pengembangan buku perpustakaan dalam meningkatkan
kualitas belajar santri di Lembaga Pesantren Islam Al-Hamidy Banyuanyar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur
observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah Ketua
Pengurus, Ketua Perpustakaan, Anggota Perpustakaan, Ketua Muhawarah,
Anggota Muhawarah, Kepala Sekolah Dirosatul Mua’allimin, Wali Kelas
Dirosatul Mu’allimin dan Santri di Lembaga Pesantren Islam Al-Hamidy
Banyuanyar
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, pemilihan buku
permustakaan di Lembaga Pesantren Islam Al-Hamidy Banyuanyar dilkukan
dengan tahapan penyususnan daftar buku, pengusulan daftar buku sementara,
penerimanaan usulan santri melalui kotak saran, rapat dan penetatapan daftar buku
yang dipilih. Kedua, proses pengadaan buku perpustakaan di Lembaga Pesantren
Islam Al-Hamidy Banyuanyar dilakukan dengan tindakan pemeblian buku atau
kitab, penerimaan bantuan atau sumbangan buku ke perustakaan dari sukarelawan,
dan pengajuan proposal bantuan fasilitas dan bahan pustake kepada pemerintah
melalui jalur intansi lain yaitu perpustakaan umum Pamekasan. Ketiga, strategi
pengembangan buku perpustakaan dalam meningkatkan kualitas belajar santri di
Lembaga Pesantren Islam Al-Hamidy Banyuanyar dilakukan dengan tindakan
pemilihan buku, pengadaan buku dan evaluasi. Kemudian juga dengan
penyaingan, yaitu memilih buku yang akan disimpan untuk tidak digunakan dan
menetapkan kitab-kitab kuning sebagai bahan pustaka.
Tidak tersedia versi lain