Text
Efektivitas Penerapan Interaksi Pembelajaran Satu Arah dalam Mata Pelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan
Kata Kunci: Efektivitas, Interaksi Pembelajaran, Kitab Kuning
Kajian kitab kuning merupakan kajian rutin yang wajib diikuti oleh
santriwati di pondok pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan.
Dalam proses kajian kitab, pola interaksi yang diterapkan dalam pembelajaran
adalah pola interaksi pembelajaran satu arah, yang mana merupakan salah satu
dari tiga bentuk pola interaksi yang paling terbatas dalam pelaksanaanya.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti merumuskan tiga rumusan masalah dalam
penelitian ini. Pertama apa penyebab digunakannya pola interaksi pembelajaran
satu arah dalam mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub,
Polagan, Galis, Pamekasan. Kedua bagaimana pendapat santriwati terhadap
peggunaan pola interaksi pembelajaran satu arah dalam mata pelajaran kitab
kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan. Ketiga
bagaimana efektivitas penerapan pola interaksi pembelajaran satu arah dalam
mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis,
Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berlatar di pondok
pesantren putri Miftahul Qulub, Galis, Pamekasan. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yaitu dengancara melakukan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh adalah: (1) interaksi
pembelajaran satu arah untuk diterapkan dalam kajian kitab kuning di sebabkan
karena,Adab dan sopan santun sebagai santri.Santi putra dan santri putri yang
tidak bisa digabung.Durasi waktu pembelajaran yang sedikit. (2) Kelebihan
Penerapan pola interaksi satu arah adalah, Tidak ada interupsi dari pihak lain,
Pembelajaran langsung ke poin-poin penting, fokus materi yang sedang di kaji
bisa selesai dengan cepat dan mempersingkat durasi kajian. Kekurangannya,
Tidak bisa bertanya jika ada harakat dan terjemah yang tertinggal dan jika ada
penjelasan yang tidak dimengerti. (3) Penerapan interaksi pembelajaran satu arah
dinyatakan efektif diterapkan dalam kajian kitab kuning dikarenakan faktor yang
disebutkan diatas. Juga karena tercapainya tujuan utama pembelajaran kitab
kuning yaitu agar santri dapat memahami materi pembelajaran dan dapat
memperdalam ilmu-ilmu agama
Tidak tersedia versi lain