Text
Pelaksanaan Pembelajaran Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah (SKIA) di MAN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Syarat kecakapan Ibadah Amaliyah (SKIA), Pelaksanaan
Pembelajaran
Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah merupakan suatu kegiatan untuk
mengukur kecakan ibadah bagi peserta didik yang digunakan untuk memperkuat
pembelajaran pendidikan agama islam supaya kelak ketika peserta didik selesai
pendidikannya dapat memahami dan menerapkan ajaran-ajaran agama islam serta
menjadikan jalan kehidupan.
Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran program Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah (SKIA)
di MAN 2 Pamekasan, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari
pelaksanaan program pembelajaran Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah (SKIA)
di MAN 2 Pamekasan, Ketiga, Bagaimana hasil evaluasi program Syarat
Kecakapan Ibadah Amaliyah (SKIA) di MAN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data
secara deksriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Sekolah, Guru pembimbing program
SKIA, dan Siswa. Teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data,
kesimpulan dan verifikasi. Sementara teknik pengecekan data yang digunakan
adala tringulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: pertama, Pelaksanaan
pembelajaran program Syarat Kecakapan Ibadah amaliyah (SKIA) di MAN 2
Pamekasan adalah guru memberikan buku panduan kepada peserta didik yang
berisi pedoman sholat (wajib dan sunnah), dzikir tahlil, dan tata cara baca alQur’an, guru memberikan contoh bacaan dan gerakan yang bai dan sesuai dengan
buku panduan kemudian guru merikan tugas kepada peserta didik untuk
menghafalkan dan mempraktekkan materi-materi yang ada dibuku panduan SKIA
secara bergantian setiap pelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan pada hari
itu, dan siswa harus menuntaskan semua materi yang diajarkan. Kedua, faktor
pendukung pelaksanaan promgram pembelajaran Syarat Kecakapan Ibadah
Amaliyah (SKIA) yaitu sarana prasarana cukup memadai, buku panduan,
lingkungan, dan minat belajar peserta didik yang tinggi. Faktor penghambat dari
pelaksanaan pembelajaran program Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah yaitu
kurang menguasai, mengalami kesulitan dalam menghafal, dan kurangnya
pembiasaan yang telah dipelajari disekolah ketika dirumah. Ketiga, Hasil evaluasi
dari pelaksanaan pembelajaran program Syarat kecakapan Ibadah Amaliyah yaitu
setelah lulus para siswa akan mendapatkan bukti fisik berupa sertifikat yang berisi
deksripsi nilai berupa huruf yang menunjukkan kemampuan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain