Text
Pengaruh Kepedulian Guru PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Terhadap Prestasi Belajar di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong Kabupaten Sampang
Kata Kunci : Pengaruh, Kepedulian Guru, Prestasi Belajar,
Dalam melaksanakan pembelajaran ada keterlibatan guru dalam proses
pengembangan kemampuan peserta didik, yang terukur melalui prestasi belajar
masing-masing siswa. salah satu faktor yang mempengaruhi minat dan prestasi
belajar peserta didik adalah kontribusi kepedulian guru dalam mengembangkan
kreativitas dan memantik semangat semangat dan minat belajar siswa agar
mencaPendidikan Agama Islam prestasi belajar yang baik pula. Keterlibatan guru
tersebut tidak hanya sebagai pengajar melainkan sebagai support system bagi
peserta didik dalam meningkatkan minat belajarnya, terutama dari sisi kepedulian
guru terhadap siswa. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada pengaruh
kepedulian guru Pendidikan Agama Islam dengan objek penelitiannya yakni di
Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong. Fokus penelitian ini
berupaya menelusuri bagaimana implementasi kepedulian guru terhadap
peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa
Camplong Kabupaten Sampang serta apakah ada pengaruh kepedulian guru
Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar di Madrasah Diniyah Darul
Ibad Pesisir desa Camplong Kabupaten Sampang
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian studi lapangan, yaitu penelitian yang obyek utamanya
pada kenyataan lapangan. Pendekatan yang penulis lakukan dalam memperoleh
data yaitu langsung terjun ke objek penelitian yakni Madrasah Diniyah Darul Ibad
Pesisir Desa Camplong Kabupaten Sampang.
Adapun melalui metode tersebut, hasil penelitian ini mencakup dua hal.
Pertama, implementasi kepedulian guru dalam upaya meningkatkan prestasi
belajar siswa merupakan bentuk upaya menjalankan tugas seorang guru sebagai
seorang pendidik yang meliputi pengembangan dalam kompetensi kepribadian,
kompetensi pedagogik, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Kedua,
Berdasarkan hasil uji data menunjukkan bahwa thitung (3,225) > ttabel (1,69726)
dan nilai signifikansi (0,002) < 0,05. Maka dengan demikian Ha1 diterima dan Ho
ditolak. Artinya variabel kepedulian guru berpengaruh signifikan terhadap
Prestasi Belajar siswa di Madrasah Darul Ibad Pesisir desa Camplong Sampang
Kabupaten Sampang
Tidak tersedia versi lain