Text
Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis
Kata Kunci: Kontekstualisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Novel Hati Suhita
Pendidikan islam memiliki tujuan utama untuk membentuk pribadi-pribadi
muslim yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam, agar dapat mencapai
kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Maka dari itu,
internalisasi nilai-nilai pendidikan sangatlah penting, dengan semakin majunya
zaman, internalisasi nilai-nilai ini dapat dilakukan melalui banyak media
pembelajaran, bahkan salah satunya novel. Novel Hati Suhita merupakan salah satu
novel yang bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan agama
islam. Novel ini sangat terhubung dengan kehidupan sehari hari, mengingat
bahwasanya novel ini merupakan novel dengan latar belakang pesantren dan
perjodohan yang sering sekali kita lihat dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu
Gaya bahasa yang indah, dan mudah dicerna oleh kebanyakan masyarakat, juga
penambahan cerita pewayangan khas Jawa yang sirat akan makna.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua hal yang menjadi pokok
permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja nilai-nilai pendidikan
islam yang terkandung dalam novel “Hati Suhita” karya Khilma Anis. kedua,
Bagaimana kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Hati Suhita
karya Khilma Anis.
Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan
pendekatan sosiologis. Sumber data diperoleh melalui data primer yang merupakan
Novel Hati Suhita, dan data sekunder melalui buku-buku, jurnal, majalah, artikel,
dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sedangkan
pengecekan keabsaan data diperoleh melalui triangulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Nilai-nil
Tidak tersedia versi lain