Text
2,Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VII di SMPN 1 Galis Pamekasan
Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten pengendalian diri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah Pengendalian diri
siswa di SMPN 1 Galis tergolong masih banyak mengalami tidak percaya diri di
karenakan kurangnya motivasi pada diri peserta didik sehingga mendampaknya
kurangnya sosialisasi peserta didik dengan lingkungan yang baru.
Berdasarkan hal tersebut, maka tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yakni: PertamaBagaimana pengendalian diri siswa di
SMPN 1 Galis PamekasanKedua Bagaimanaefektivitas layanan penguasaan
konten terhadap pengendalian diri siswa kelas VII di SMPN 1 Galis
PamekasanKetigaApa saja faktor pendukung dan penghambat layanan penguasaan
konten terhadap pengendalian diri siswa kelas VII di SMPN 1 Galis Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.Prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dandokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjang waktu, ketekunan pengamatan, dan triangualasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pengendalian diri siswa di
SMPN 1 Galis tergolong masih banyak mengalami tidak percaya diri di karenakan
kurangnya motivasi pada diri peserta didik sehingga mendampaknya kurangnya
sosialisasi peserta didik dengan lingkungan yang baru. Kedua, Efektivitas layanan
penguasaan konten yang di lakukan oleh guru BK memberikan dampak positif
dan hasil yang baik bagi para pesertadidk, hal ini di buktikan dengan adanya
perubahan yang di alami peserta didik di SMPN 1 Galis berupa kurangnya rasa
sosialisasi terhadap lingkungan yang baru karena kurangnya rasa percaya diri
peserta didik dengan hasil observasi dapat mengetahui hasil.Ketiga, Adapun
beberapa faktor pendukung dan penghambat setelah melaksanakan layanan
penguasaan konten terhadap pengendalian diri siswa yang dapat di ketahui dari
hasil wawancara dengan beberapa narasumber yaitu guru BK, wali kelas, dan
siswa. Berikut faktor pendukung dari pelaksanaan layanan yaitu, adanya alat
bantu yang di sediakan sekolah berupa LCD, dan para peserta didik mudah
memahami serta mudah di terapkan. Untuk faktor penghambat sendiri yaitu,
kurangnya tenaga guru BK, dan kondisi kelas yang ramai
Tidak tersedia versi lain