Text
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Mahasiswa PAI Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 di IAIN Madura,
Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam dan Spiritual Quotient
IAIN Madura merupakan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang
ada di Madura yang waktu kemarin melaksanakan kegiatan perkuliahan jarak
jauh. Perubahan kebiasaan perkuliahan tidak serta merta tanpa suatu alasan,
perubahan metode pembelajaran dengan cara klasikal dan tatap muka menjadi
metode online mendapat berbagai reaksi dari segenap mahasiswa. Tidak sedikit
mahasiswa yang mengeluh dengan pembelajaran online. Selain itu masih banyak
Dosen yang hanya menyuruh mahasiswa mengumpulkan tugas secara online.
Kebanyakan tugas seperti ini hanya formalitas saja demi menggugurkan
kewajiban mengajar, padahal Dosen berperan untuk mereview terhadap tulisantulisan yang dibuat oleh mahasiswa.
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, pertama nilai-nilai
pendidikan agama Islam untuk meningkatkan Spiritual Quotient mahasiswa PAI
selama pembelajaran jarak jauh pada masa pasca pandemi covid-19 di IAIN
Madura; kedua, pelaksanaan nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk
meningkatkan Spiritual Quotient mahasiswa PAI selama pembelajaran jarak jauh
pada masa pasca pandemi covid-19 di IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Informannya adalah Wadek, Kaprodi PAI, beberapa Dosen
PAI dan juga beberapa mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Metode
pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang
dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pertama, nilai-nilai
pendidikan agama Islam yang paling diutamakan adalah kejujuran selama
perkuliahan. Kedua, adalah nilai integritas atau bertanggung jawab. Ketiga, adalah
nilai amanah/dapat dipercaya. 2) Pelaksanaan nilai-nilai pendidikan agama Islam,
yaitu: dimulai dari Dosen. Dosen memiliki peran penting dalam melaksanakan
tugas dan kewajibannya baik secara emosional maupun psikomotorik
Tidak tersedia versi lain