Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Ketakwaan Beribadah Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB PGRI Tlanakan
Kata Kunci : Upaya, Ketakwaan, Beribadah
Penelitian ini mengkaji tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan ketakwaan beribadah pada anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI
Tlanakan. Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian
ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya Guru PAI dalam meningkatkan ketakwaan
beribadah pada siswa di SLB PGRI Tlanakan?; kedua, Apa saja faktor yang
menghambat upaya Guru PAI dalam meningkatkan ketakwaan beribadah pada
siswa di SLB PGRI Tlanakan?; ketiga, Bagaimana dampak dari upaya Guru PAI
dalam meningkatkan ketakwaan beribadah pada siswa di SLB PGRI Tlanakan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penelitian dilakukan di SLB PGRI Tlanakan, dengan subyek penelitian adalah
Kepala Sekolah, Guru PAI, dan wali murid. Dan teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Upaya guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan ketakwaan beribadah pada anak berkebutuhan
khusus di SLB PGRI Tlanakan, yaitu melakukan upaya dengan telaten dan sabar,
menyampaikan materi sesuai dengan ketunaan, dan menggunakan metode
demonstrasi dan metode reward. Kedua, Faktor yang menghambat upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ketakwaan beribadah pada anak
berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan, yaitu ketunaan dan respon anak yang
berbeda-beda. Ketiga, Dampak dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan ketakwaan beribadah pada anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI
Tlanakan, yaitu anak dapat mengerti tatacara beribadah seperti shalat dan mengaji
beserta praktiknya dan dapat melaksanakan ibadah di rumah masing-masing
Tidak tersedia versi lain