Text
Implementasi Metode Bercerita dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan”
Kata Kunci: Metode bercerita, Perkembangan bahasa anak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkapkan yang
dilakukan oleh pihak RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan dalam implementasi metode bercerita dalam
mengembangkan aspek kemampuan berbahasa anak usia dini dengan demikian penelitian ini akan
berusaha untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Bercerita dalam Mengembangkan
Aspek Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat empat fokus yang menjadi kajian dalam penelitian
ini, yaitu: Bagaimana implementasi metode “bercerita dalam mengembangkan aspek kemampuan
berbahasa anak”usia dini di RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan? Bagaimana “implementasi metode
bercerita dalam mengembangkan aspek kemampuan” berbahasa reseptif anak usia dini di RA.
ASY-SYUHADA’ PAMEKASAN? Bagaimana “implementasi metode bercerita dalam
mengembangkan aspek kemampuan berbahasa ekspresif anak usia dini” di RA. ASY-SYUHADA’
PAMEKASAN? Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam“implementasi metode bercerita dalam
mengembangkan aspek kemampuan berbahasa anak usia dini di RA.Asy-Syuhada’ Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatannya yang digunakan pada
penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui guru
RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis data
deskriptif. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bercerita dalam
mengembagkan aspek kemampuan berbahasa anak usia dini di RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan
yaitu dimulai dengan kegiatan sederhana yang mana kegiatan tersebut sebelum memasuki kegitan
belajar mengajar ustadzah memberikan cerita yang sesuai dengan tema pelajaran saat itu ustadzah
juga memberikan kesempatan kepada murid-muridnya untuk bercerita. Dalam penerapan
implementasi metode bercerita dalam mengembangkan aspek kemampuan berbahasa anak usia
dini di RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan ini ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya itu
kemampuan berbahasa anak itu akan lebih meningkat dengan mendegarkan cerita-cerita yang
memotivasi anak, dan kekurangannya ketika cerita tersebut terlalu menonton atau terlalu lama bisa
membuat anak terasa bosan dan kehilangan konsentrasi.
Tidak tersedia versi lain