Text
Implikasi Media Audio Visual Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di RA Aisiyah Bandaran Tlanakan Pamekasan
Kata kunci: Audio Visual, Nilai Agama dan Moral, AUD
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang diselenggarakan bagi
anak usia lahir sampai usia 6 tahun, dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk
membantu anak tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, anak juga akan memiliki
kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut pada umumnya. Adapun Fokus penelitian
dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana Implikasi Media Audio-Visual Terhadap Nilai Agama
dan Moral Anak Usia Dini di RA Aisiyah Bandaran Tlanakan Pamekasan b) Apa saja Faktor
pendukung dan penghambat dari implikasi media audio-visual terhadap nilai agama dan moral
anak usia dini di RA Aisiyah Bandaran Tlanakan Pamekasan. Dengan tujuan penelitian a) Untuk
mengetahui implikasi media audio-visual terhadap nilai agama dan moral anak usia dini di RA
Aisiyah Bandaran Tlanakan Pamekasan. b) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan
penghambat dari implikasi media audio-visual terhadap nilai agama dan moral anak usia dini di
RA Aisiyah Bandaran Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena penelitian ini mengarah
kepada penelitian kualitatif yaitu implikasi media audio visual terhadap nilai agama dan moral
anak usia dini. Dengan jenis penelitian deskriptif agar nantinya dapat memberikan penjelasan
secara rinci dan menjabarkan dengan kata-kata bukan angka.Sumber data dalam penelitian ini
adalah Kepala sekolah, Guru di RA Aisiyah. Data diperoleh dengan cara melakukan metode
Observasi (Pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini
adalah Guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) implikasi media audio visual terhadap nilai
agama dan moral anak usia dini adalah dapat meningkatkan nilai agama dan moral anak,
keprinadian anak terbentuk menjadi disiplin dan bertanggung jawab serta dapat meningkatkan
minat belajar anak, hal ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan pesan-pesan moral
dan nilai agama kepada peserta didik. b) faktor pendukung dan penghambat dari implikasi media
audio visual terhadap nilai agama dan moral anak usia dini, faktor pendukungnya adalah
keaktifan seorang guru, antusias peserta didik dan penyajian pembelajaran yang menarik.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah sifat anak yang masih egois, ruang kelas yang kurang
luas dan media yang digunakan kurang memadai yang memiliki pengaruh besar terhadap proses
pembelajaran terutama dalam penyampaian pesan-pesan moral dan nilai agama kepada peserta
didik
Tidak tersedia versi lain