Text
Implementasi Media Papan Flanel Dalam Mengasah Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini Di RA Darus Salam Bukek Tlanakan Pamekasan
Kata kunci: media papan flanel dalam mengasah membaca permulaan huruf alfabet anak
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang dilaksanakan sebelum memesuki
pendidikan dasar, yang mana dalam pendidikan PAUD tersebut merupakan suatu pembinaan
untuk anak sejak ia lahir sampai berusi 6 tahun. Jenis pembelajaran yang biasa dilakukan yaitu
melalui pemberian rangsangan pendidikan supaya dapat membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani anak dan juga anak akan memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut, yang akan di selenggarakan melalui jalur formal, non formal, dan
informal.adapun focus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi media
papan flanel dalam mengasah kemampuan membaca permulaan huruf alfabet pada anak usia
dini, 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan media papan flanel dalam mengasah kemampuan membaca permulaan pada anak
usia dini, tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan implementasi media papan
flanel dalam mengasah kemampuan membaca permulaan huruf alfabet pada anak usia dini 2)
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan media papan flanel dalam mengasah kemampuan membaca permulaah huruf
alfabet pada anak usia dini.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu guru RA darus salam. Adapun data yang diperoleh yeitu dengan cara
menggunakan metode Observasi (pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa implementasi media papan flanel dalam
mengasah kemampuan membaca permulaan huruf alfabet pada anak usia dini yaitu dengan cara
guru mengenalkan satu persatu huruf alfabet dengan kata lain secara beransur-ansur,dengan
benar dan tepat. jika anak sudah biasa menguasai semua huruf alfabet maka guru akan
mengenalkan kata kemudian kalimat sederhana. Sehingga anak dapat memiliki kesiapan untuk
melanjutkan membaca permulaan selanjutnya.
Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
media papan flanel ini, diantaranya: 1. Dari media papan flanel yang mana media yang
dirancang oleh guru sangat menarik sehingga anak merasa tertarik untuk mengikuti
vi
pembelajaran 2. Dukungan dari orang tua dan guru kelas 3. Semangat belajar yang dimiliki
anak-anak RA darus salam yang membuat pembelajaran dengan menggunakan media papan
flanel ini menjadi menyenangkan. Untuk faktor penghambat diantaranya : 1. Ketika anak sudah
merasa bosan 2. Ketika anak sudah tisak mandiri lagi 3. Ketika anak sudah mulai terpancing
oleh suasana disekitarnya
Tidak tersedia versi lain