Text
Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Merangsang Minat Belajar Siswa Kelompok A TK PKK Polagan Galis Pamekasan
Kata kunci: Alat Permainan Edukatif dalam Merangsang Minat Belajar Siswa
Alat permainan edukatif merupakan alat atau media yg digunakan guru untuk
merangsang minat belajar siswa. Penggunaan alat permainan edukatif sangat penting dan sangat
membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa. Alat permainan edukatif merupakan
alat atau media permainan yang menyenangkan yang didesain khusus untuk kepentingan
pendidikan. Alat permainan edukatif sangat cocok digunakan di lembaga Taman Kanak-kanak
(TK) karena sifat dasar anak adalah bermain. Dengan menggunakan alat permainan edukatif
sebagai media pembelajaran, maka minat anak akan terangsang karena anak sangat menyukai
permainan.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
penggunaan alat permainan edukatif dalam merangsang minat belajar siswa, apa saja manfaat
menggunakan alat permainan edukatif serta apa saja kekurangan yang ada dalam menggunakan
alat permainan edukatif di TK PKK Polagan Galis Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan hasil
wawancara terhadap pihak yang bersangkutan, melakukan observasi dan juga dokumentasi.
Sebagai informan yaitu kepala sekolah TK PKK Polagan Galis Pamekasan, dan juga guru kelas
kelompok A. Pengecekan keabsahan data melalui sumber dan juga triangulasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di TK PKK Polagan Galis Pamekasan
menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan alat permainan edukatif di TK PKK Polagan Galis
Pamekasan sudah terlaksana dengan cukup baik. Guru TK PKK Polagan menggunakan berbagai
alat permainan edukatif disetiap pembelajaran guna untuk merangsang minat belajar siswa agar
mengikuti pembelajaran dengan nyaman. Kedua, menggunakan alat permainan edukatif dalam
kegiatan pembelajaran memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi guru maupun siswa. Ketiga,
terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan alat permainan edukatif
Tidak tersedia versi lain