Text
Implementasi Senam Irama pada Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al Ihsan Buddagan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Senam Irama, Motorik kasar, Anak Usia Dini
Motorik kasar adalah gerakan yang menggunakan otot besar untuk
mengkoordinasikan seluruh anggota tubuh dan gerakannya melibatkan fungsi
motorik seperti otak, saraf dan otot. Senam irama adalah senam yang
mengutamakan kesamaan gerakan, dapat diiringi musik, hitungan bahkan ketukan.
Motorik kasar anak usia dini dapat berkembang dan terkoordinasi dengan baik
melalui kegiatan senam irama.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Implementasi senam
irama pada perkembangan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK Al Ihsan
Buddagan Pademawu Pamekasan; 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam
melakukan senam irama pada perkembangan motorik kasar anak usia dini
kelompok B di TK Al Ihsan Buddagan Pademawu Pamekasan; dan 3. Kelebihan
dan kekurangan senam irama pada perkembangan motorik kasar anak usia dini
kelompok B di TK Al Ihsan Buddagan Pademawu Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,
tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1. Implementasi senam irama
pada perkembangan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK Al Ihsan
Buddagan Pademawu Pamekasan diawali dengan gerakan pemanasan, gerakan inti,
dan gerakan pendinginan/penenangan. Pelaksanaan senam irama dilakukan
seminggu satu kali. Melalui gerakan senam maka tangan, kaki, dan badan anak lama
kelamaan akan terkoordinasikan dengan baik dan maksimal; 2. Faktor pendukung
dan penghambat dalam melakukan senam irama pada perkembangan motorik kasar
anak usia dini kelompok B di TK Al Ihsan Buddagan Pademawu Pamekasan
sebagai berikut: a. Faktor pendukung seperti adanya sarana prasarana, tempat yang
mendukung, dan guru memberikan contoh gerakan senam. b. Faktor penghambat
seperti cuaca yang tidak mendukung, suasana hati anak yang tidak mendukung dan
sarana prasarana yang bermasalah, dan 3. Kelebihan dan kekurangan senam irama
pada perkembangan motorik kasar anak usia dini kelompok B di TK Al Ihsan
Buddagan Pademawu Pamekasan sebagai berikut: a. Kelebihannya seperti fisik
motorik anak dapat berkembang dengan baik, dapat melatih keseimbangan tubuh
anak dan dapat mengkoordinasikan antara tangan, kaki dan kepala dengan baik. b.
Kekurangannya seperti beberapa anak malas bergerak atau malas melakukan
kegiatan senam irama dan beberapa anak juga belum hafal beberapa gerakan senam
Tidak tersedia versi lain