Text
Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Di Masa Pandemi Di RA Perwanida Jalan Brawijaya Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Upaya, Sikap, Religius, Siswa
Dalam penelitian ini yang melatar belakangi Upaya Kepala Sekolah Dalam
Mengembangkan Sikap Religius Siswa, yaitu tidak menutup kemungkinan Upaya Kepala
Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Di Masa Pandemi (Covid-19)
pembelajaran berjalan dengan sebagai mana mestinya dengan adanya pembelajaran secara daring
(belajar dirumah ) tanpa diawasi kepala sekolah dan juga gruru dengan adanya covid-19. Yang
menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana strategi kepala sekolah
dalam mengembangkan sikap religius siswa dimasa pandemi di RA Perwanida Brawijaya
Pamekasan? (2) Bagaimana implementasi pengembangan sikap religius siswa dimasa pandemi di
RA Perwanida Brawijaya Pamekasan? (3) Apa saja manfaat pengembangan sikap religius siswa
dimasa pandemi di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendekripsikan tentang strategi kepala sekolah
dalam mengembangkan sikap religius siswa dimasa pandemi di RA Perwanida Brawijaya
Pamekasan. (2) Untuk mendeskripsikan tentang implementasi pengembangan sikap religius siswa
dimasa pandemi di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan. (3) untuk mendeskripsikan tentang
manfaat pengembangan sikap religius siswa dimasa pandemi di RA Perwanida Brawijaya
Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan
reduksi data dengan cara (pengecekan, pengelompokan, dan pemberian kode), display data dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi, sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulaasi dan analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan
sikap religius siswa dimasa pandemi tetap melaksanakan kegiatan religius seperti biasa sesuai
dengan apa yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau
tindakan. kegiatan. namun pelaksanaanya dirumah dengan cara difoto atau divideo waktu
melakasanakan kegiatan kemudian dikirim ke group WA guru masing-masing sesuai dengan
kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu. Pengimplementasiannya tetap berjalan dengan lancar
berkat bantuan para guru dan juga wali murid, pengimplementasiannya yaitu dengan cara Aspek
pengamalan, yaitu penerapan tentang apa yang telah diketahuinya dari ajaran-ajaran agama yang
dianutnya kemudian diaplikasikan melalui sikap dan perilaku dalah kehidupan sehari-hari jadi
murid diberi pembiasaan dalam semua kegiatan religius. Adapun manfaat yang didapat oleh
siswa yaitu: Pertama anak ketika masuk sekolah sudah bisa dilihat anak sudah mulai terbiasa
mengucapkan salam. Kedua ketika bertemu dengan guru. Ketiga dan juga berjabatan tangan
dengan guru ketika sampai disekolah. Keempat serta membaca surat-surat pendek dan As-maul
husna sebelum pelajaran dimulai karena sudah terbiasa meskipun belum hafal
Tidak tersedia versi lain