Text
Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Jam Angka Dalam Pengenalan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Pada Taman KanakKanak Kartika IV-86 Pamekasan
Kata Kunci: APE Jam Angka, Anak Usia Dini, Bilangan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam
mengungkapkan yang dilakukan oleh sekolah TK Kartika IV-86 Pamekasan dalam
penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak, dengan
demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Penggunaan
Alat Permainan Edukatif (APE) Jam Angka Dalam Pengenalan Bilangan Untuk
Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Kartika IV-86 Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian dalam
penelitian ini, yaitu: Bagaimana penggunaan APE jam angka terhadap pengenalan
bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan? Apakah manfaat
penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK
Kartika IV-86 Pamekasan? Apa saja faktor pendukung penggunaan APE jam angka
dalam pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan?
Apa saja faktor penghambat penggunaan APE jam angka dalam Pengenalan
bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatan yang
digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang
diperoleh dari penelitian ini, yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Adapun sumber data yang diperoleh melalui Guru Kelas B di TK Kartika IV-86
Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian
data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya
menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, adanya penggunaan APE jam
angka dalam pengenalan bilangan pada anak usia dini di TK Kartika IV-86
Pamekasan dikarenakan dengan menggunakan APE jam angka ini dapat
mengenalkan bilngan pada anak secara langsung, dan dapat memberikan stimulus
pada anak dalam aspek kognitifnya mengenai tentang mengenal bilangan dengan
lebih mudah. Kedua, mafaat penggunaan APE jam angka dalam pengenalan
bilangan pada anak yaitu anak dapat mengenal bilangan yang ada di APE jam angka
dari angka 1 sampai dengan angka 12 dan anak dapat mengetahui adanya konsep
waktu siang dan malam. Serta APE jam angka merupakan media yang menarik dan
tidak mudah bosan bagi anak, dan dapat memberikan latihan atau stimulus pada
anak. Ketiga, terdapat faktor pendukung penggunaan APE jam angka dalam
pengenalan bilangan pada anak yaitu media APE jam angka mudah di jangkau dan
media tersebut sudah tersedia di sekolah. Guru sudah terbiasa menggunakan APE
jam angka dalam pengenalan bilangan serta wali murid jugak dapat mempraktekkan
dengan cara menggunakan jam dingding. Keempat, adanya faktor penghambat
dalam penggunaan APE jam angka dalam pengenalan bilangan pada anak yaitu
angka yang ada di APE jam angka hanya sampai dengan angka 12 dan semua anak
tidak bisa di katakan mampu dalam mengenal bilangan.
Tidak tersedia versi lain