Text
Peran Guru Dalam Mengenalkan Makanan Bergizi Pada Anak Kelompok B DI TK Rafiq EI-Koeiriyah
Kata Kunci : peran guru, makanan bergizi, anak.
Peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak adalah sebagai
petugas sosial yang mana guru harus membantu terhadap kepentingan bagi lembaga
dan juga guru senantiasa menjadi petugas di dalamnya. Selain itu guru berperan sebagai
pelajar dan ilmuan yang mana guru harus menuntut ilmu pengetahuan dan
mentransfernya kepada anak didiknya dan juga harus berperan sebagai orang tua kedua
dari siswanya dalam pendidikan anaknya, karena sekolah merupakan lembaga
pendidikan sesudah keluarga dalam arti luas sekolah merupakan keluarga. Bedasarkan
hal tersebut maka ada 2 fokus Tujuan dari penelitian ini yaitu : Pertama Untuk
mengetahui peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak Kedua Untuk
mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam mengenalkan makanan bergizi pada
anak.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, yang diambil dari fenomena
yang yang terjadi, jenis penelitiannya menggunakan analisis data deskriptif, yang
diarahkan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengenalkan makanan
bergizi pada anak kelompok B di TK Rafiq EI-Khoeiriyah Ambender Pegantenan
Pamekasan. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi, yaitu foto guru dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak foto anak
ketika mengikuti pembelajaran makanan bergizi dan foto hasil wawancara. sumber data
dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, wali murid di TK Rafiq EI-Khoeiriyah
Ambender Pegantenan Pamekasan, sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data
hasil penelitian melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan dalam proses
pengamatan, dan yang terakhir melalui trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru dalam mengenalkan makanan
bergizi pada anak itu sangatlah penting, karena dengan adanya pembelajaran
mengenalkan makanan bergizi pada anak seorang anak dapat mengetahui dan
memahami tentang makanan bergizi yang dapat menyehatkan pada anak dan bisa
membantu terhadap perkembngan anak dengan baik. kedua, untuk mengetahui apa
saja hambatan-hambatan guru dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak
diantaranya kurangnya sarana dan prasarana seperti; meja, kursi, papan tulis dan juga
kurangnya APE seperti; puzzle 4 sehat5 sempurna, puzzle buah, buah huruf abjad, buah
huruf hijaiyah, buah angka kayu selain itu kurangnya sumber daya manusia SDM yang
masih berbagai persoalan penghambat pendidikan anak-anak salah satunya adalah
anggaran pendidik dan tenaga kependidikan yang minim, sehingga berpengaruh
terhadap kelembagaan
Tidak tersedia versi lain