Text
Implementasi Suasana Belajar Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B Di PAUD Arridho Bettet Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Suasana Belajar Edukatif, Minat Belajar, Anak Usia Dini
Fenomena yang terjadi di PAUD Ar-Ridho Bettet Pamekasan terdapat sebuah
kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode Alat Permainan
Edukatif (APE). Pelaksanaan Alat Permainan Edukatif (APE) dilakukan diharapkan
agar anak-anak dapat meningkatkan minat belajarnya dan juga dapat mengenal
berbagai macam jenis permainan di dunia bermain anak.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana Implementasi Suasana Belajar Edukatif Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten Pamekasan.
Kedua, Apa faktor penghambat dan pendukung dari Implementasi Suasana Belajar
Edukatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho
Bettet Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan
penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan teknik
trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Implementasi Suasana Belajar Edukatif
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet
Kabupaten Pamekasan, diantaranya ialah implementasisuasana belajar edukatif dengan
memanfaatkan Alat Permainan Edukatif (APE) di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten
Pamekasan sudah berjalan dengan sangat baik, karena di dorong dan didik dengan guru
yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang baik. Disamping itu guru juga
memberikan penilaian langsung kepada anak bagi anak yang aktif saat pelaksanaan
permainanan. Pelaksanaan Alat Permainan Edukatif (APE) dilakukan bertujuan agar
anak-anak dapat meningkatkan minat belajarnya dan juga bisa mengenal berbagai
macam jenis permainan di dunia bermain anak. Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa
menambah wawasan pengetahuan, mengembangkan imajinasi anak melalui permainan
tersebut. Kedua, Faktor penghambat dari implementasi suasana belajar edukatif dalam
meningkatkan minat belajar anak Kelompok B di PAUD Ar-Ridho Bettet Kabupaten
Pamekasan, diantaranya ialah 1). Anak-anak kurang disiplin, 2). Anak-anak susah
diatur pada saat kegiatan proses pembelajaran,
3). Anak-anak sering ribut di dalam kelas sehingga menjadikan kelasterlihat ramai pada
saat kegiatan proses pembelajaran berlangsung.. Adapun faktor pendukung ialah
1). tersedianya fasilitas yang memadai, 2). Anak-anak yang mempunyai semangat
untuk belajar, dan 3). terjalinnya koordinasi yang baik antara guru dan anak-anak
Tidak tersedia versi lain