Text
Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Tali pada Kelompok B di TK PKK Panempan Pamekasan
Kata Kunci: Lompat Tali, Anak Usia Dini, Motorik Kasar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan
Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Tali pada Kelompok B di TK
PKK Panempan Pamekasan. Penelitian ini di lakukan karena kemampuuan
motorik kasar anak masih tergolong rendah hal ini disebabkan karena anak bosan
dengan kegiatan motorik kasar di sekolah dan media yang digunakan kurang
kreatif sehingga tidak ada rasa ketertarikan dalam melakuakan motori kasar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu : petama bagaimana permainan lompat tali dapat
meningkatkan keterampilan motorik kasar anak pada kelompok B di TK PKK
Panempan Pamekasan,kedua bagaimana peningkatan keterampilan motorik kasar
anak di TK PKK Panempan Pamekasan melalui permainan lompat tali.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan
secara kolaboratif partisipatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok
B di TK PKK Panempan Pamekasan yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 10
lakilaki dan 10 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah
kemampuan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan lompat tali.
Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi anak.
Teknik analisis data penelitian menggunakan nilai persentase yang di capai anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lompat tali dapat
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK PKK
Panempan Pamekasan. Peningkatan ini dapat di lihat dari hasil
observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh pada siklus
I nilai rata-ratanya mencapai 63,5% pada siklus II mencapai 86,5%. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media lompat tali dapat
meningkatkan keterampilan motorik kasar anak
Tidak tersedia versi lain