Text
Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan
Kata Kunci: Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pengembangan Aspek Sosial
Emosional Anak Usia 4-5 Tahun
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk Mendeskripsikan Peran Guru dalam
Berkolaborasi dengan Orang Tua untuk Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia
4-5 Tahun, 2) Untuk Mendeskripsikan Peran Orang Tua dalam Berkolaborasi dengan Guru
Untuk Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun, 3) Untuk
Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Kolaborasi Orang Tua dan Guru
dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun,
Metode penelitian menggunakan Metode Kualtitatif dengan jenis penelitian Studi
Kasus. Sumber data dalam penelitian di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan yaitu Kepala
Sekolah, Guru, dan Orang Tua. Data yang di peroleh yaitu dengan cara Metode Wawancara,
Observasi, dan Dokumentasi. Subjek Penelitian ini adalah Guru dan Orang Tua.
Adapun hasil dari penelitian yaitu 1) Peran Guru dalam Berkolaborasi dengan Orang
Tua untuk Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida
yang di lakukan oleh guru yaitu sebagai komunikator, motivator, dan edukator 2) Peran Orang
Tua dalam Berkolaborasi dengan Guru Untuk Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak
Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida yaitu cukup penting karena orang tua beperan penting di
rumah sebagai pembimbing dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak di rumah 3)
Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam
Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Perwanida yaitu faktor
keluarga dan kurangnnya komunikasi
Tidak tersedia versi lain