Text
Analisis pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Tutur Lisan Anak di RA As-Salafiyah Sera Barat Bluto Sumenep
Kata Kunci : Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Tutur Lisan Anak
Penelitian ini dilatar belakangi permakaian bahasa Indonesia dalam tutur lisan
anak, pemakaian bahasa ini ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam
penelitian ini yaitu; 1) bagaimanakah pemakaian bahasa Indonesia dalam tutur lisan
anak di RA A As-Salafiyah?, 2) kesalahan berbahasa apa yang dilakukan anak dalam
menggunakan bahasa Indonesia dalam tutur lisan di RA A As-Salafiyah?, 3) apa
sajakah faktor pendukung dan penghambat proses penggunaan tutur lisan anak dalam
bahasa Indonesia di RA A As-Salafiyah?, Hasil penelitian ini diharapkan mampu
memberikan pemahaman dan evaluasi pada anak dan guru mengenai pentingnya
berbahasa yang baik bagi anak khususnya dalam pemakaian bahasa sehingga anak
bisa memahami suatu tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di RA
A As-Salafiyah Sera Bluto Sumenep. Teknik yang digunakan dalam prosedur
pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam
analisis penelitian meliputi cheeking (pengecekan), organizing (pengelompokan), dan
verifikasi/menarik kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti
melakukannya berdasar derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa pertama, pemakaian bahasa Indonesia
dalam tutur lisan anak di RA A As-Salafiyah, kurang baik berjalan efektif, karena
semua guru sudah melakukan pemakaian bahasa Indonesia pada anak usia dini di RA
A As-Salafiyah, guru juga bekerja sama dalam melakukan kegiatan pemakaian
bahasa Indonesia, dan guru sudah menunjukkan pemakaian bahasa Indonesia dalam
pendidikan. Kedua, berbahasa apa yang dilakukan anak dalam menggunakan bahasa
Indonesia dalam tutur lisan di RA A As-Salafiyah. adalah guru menunjukkan sifat
pemakaian bahasa Indonesia terlebih dahulu, setelah memberi arahan dan bimbingan,
pembinaaan yang dilakukan setiap hari. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat
proses penggunaan tutur lisan anak dalam bahasa Indonesia di RA A As-Salafiyah.
Anak-anak dan guru sangat apresiasi terhadap kegiatan penelitian ini yang dilakukan
penulis dan pada anak usia dini masih kurang falit untuk memahami berbahasa
Indonesia dalam tutur lisan
Tidak tersedia versi lain