Text
Implementasi Gerakan Literasi Membaca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini di RA. As-Syahidul Kabir II Pamekasan
Kata Kunci: Gerakan Literasi, Membaca, Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam
mengungkapkan yang dilakukan oleh pihak RA. As-Syahidul Kabir II Pamekasan
dalam implementasi gerakan literasi membaca sebagai upaya menumbuhkan
minat baca anak usia dini dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk
mengetahui bagaimana Implementasi Gerakan Literasi Membaca Sebagai Upaya
Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini di RA. As-Syahidul Kabir II
Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian
dalam penelitian ini, yaitu: Strategi apa saja yang digunakan guru dalam
mengimplementasikan gerakan literasi membaca di RA. As-Syahidul Kabir II
Pamekasan? Bagaimana implementasi gerakan literasi membaca di RA. AsSyahidul Kabir II Pamekasan? Serta apa saja faktor pendukung dan penghambat
literasi membaca anak di RA. As-Syahidul Kabir II Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatannya yang
digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang
diperoleh dari penelitian ini, yaitu dengan wawncara, observasi, dan dokumentasi.
Adapun sumber data yang diperoleh melalui kepala sekolah serta guru RA. AsSyahidul Kabir II Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan
checking data, organizing (pengelompokan), serta penarikan kesimpulan dan
verifikasi (counclusion drawing/verification). Sedangkan teknik pengecekan
keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi guru dalam
implementasi gerakan literasi membaca di RA. As-Syahidul Kabir II Pamekasan
adalah dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu: pengenalan abjad, belajar
mengeja, belajar menyusun kata, kemudian membaca lancar. Hal tersebut
dilakukan karena tidak semua anak yang masuk jenjang RA itu sudah memiliki
bekal / tahu mengenai abjad. Selain itu juga didukung dengan adanya media saat
pembelajaran, seperti media kartu gambar dan poster, serta pemilihan buku
bacaan yang full warna dan gambar dengan tujuan akan lebih menarik perhatian
anak dalam membaca (minat baca). Kedua, implementasi gerakan literasi
membaca di RA. As-Syahidul Kabir II ialah dengan pembiasaan, semakin sering
anak membaca maka dapat membangun kebiasaan baik bagi anak tersebut
sehingga minat baca semakin meningkat. Ketiga, faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam penerapan gerakan literasi membaca di RA. As-Syahidul
Kabir II Pamekasan adalah: pertama faktor keluarga/ orang tua, kedua
kesiapan/kondisi anak, serta ketiga, fasilitas, baik fasilitas disekolah maupun
dirumah dapat mempengaruhi kemampuan membaca anak
Tidak tersedia versi lain