Text
Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini di RA As-Sakinah Jl. Dirgahayu Gg.VII No.4 Bugih Pamekasan
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Lingkungan, Anak Usia Dini
Pendidikan karakter peduli lingkungan tidak bisa di peroleh secara instant,
oleh karena itu membutuhkan waktu yang panjang dan relatif lama. Karakter peduli
lingkungan sangat dibutuhkan oleh setiap orang karena kerusakan lingkungan
sudah terjadi dimana – mana sehingga menimbulkan krisis lingkungan. Melihat
pentingnya pendidikan karakter peduli lingkungan untuk masa depan generasi kita,
maka pendidikan karakter peduli lingkungan ini sangat perlu di tanamkan sejak usia
dini.
Penelitian ini mempunyai empat tujuan untuk dibahas. Pertama, untuk
mengetahui strategi pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini di
RA As-Sakinah Jl. Dirgahayu Gg.VII No.4 Bugih Pamekasan. Kedua, untuk
mengetahui faktor pendukung strategi pendidikan karakter peduli lingkungan pada
anak usia dini di RA As-Sakinah Jl. Dirgahayu Gg.VII No.4 Bugih Pamekasan.
Ketiga, untuk mengetahui faktor penghambat strategi pendidikan karakter peduli
lingkungan pada anak usia dini di RA As-Sakinah Jl. Dirgahayu Gg.VII No.4 Bugih
Pamekasan. Keempat, untuk mengetahui dampak strategi pendidikan karakter
peduli lingkungan pada anak usia dini di RA As-Sakinah Jl. Dirgahayu Gg.VII No.4
Bugih Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatan yang
digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala
sekolah dan guru kelas B. Untuk pengecekan keabsahan data melalui pengamatan
terus-menerus, memperpanjang masa observasi dan triagulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi pendidikan
karakter peduli lingkungan pada anak usia dini di RA As-Sakinah Jl. Dirgahayu
Gg.VII No.4 Bugih Pamekasan dapat diterapkan melalui beberapa strategi
diantaranya memberikan pembelajaran pentingnya peduli terhadap lingkungan,
melakukan pembiasaan yang bisa anak terapkan sehari-hari baik di sekolah maupun
di rumah, anak juga diajak untuk melakukan kegiatan bereksperimen. Kedua, faktor
pendukung strategi pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu adanya RPPH yang
mendukung, pendidik yang mempunyai inisiatif agar peserta didiknya terbiasa
peduli terhadap lingkungan, wali murid antusias mendukung adanya kegiatan
pendidikan karakter peduli lingkungan, dan semangat peserta didik dalam
mengikuti kegiatan peduli lingkungan. Ketiga, faktor penghambat strategi
pendidikan karakter peduli lingkungan diantaranya kurangnya fasilitas yang
memadai,kurangnya lahan yang seknifikan, dan kurangnya pendanaan sekolah.
Keempat, Dampak strategi sangat berdampak positif dan menguntungan banyak
pihak, mulai dari keuntungan sekolah menjadi bersih setiap hari dan terawat, anak
juga bisa menjaga kebersihan diri mulai dari hal-hal kecil seperti mencuci tangan
sebelum dan sesudah makan. Dampak paling utama yaitu penanaman kebiasaaan
yang dilakukan setiap hari akan membentuk karakter anak sejak dini hingga
keberlangsungan pendidikan selanjutnya
Tidak tersedia versi lain