Text
METODE PENELITIAN KOMUNIKASI KUANTITATIF
Abstrak Informatif
Buku ini merupakan salah satu rujukan bagi pembaca baik dosen, mahasiswa, Peneliti maupun masyarakat umum yang ingin menambah wawasan tentang metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif. Secara terperinci buku ini terbagi dalam 9. Bab 1 tentang penelitian ilmiah meliputi pengertian ilmu, metode ilmiah, penelitian ilmiah, paradigma dalam penelitian komunikasi, metode penelitian komunikasi kuantitatif, dan daftar pustaka. Bab 2 tentang konsep dasar dalam metode penelitian meliputi proses penelitian ilmiah, konsep konstruk dan variabel, definisi konsep dan definisi operasional, jenis variabel dan hubungan antar variabel, teori dan fungsi teori, hipotesis dan fungsi hipotesis, pengukuran variabel, populasi, sampel, dan teknik sampling, serta daftar pustaka. Bab 3 tentang metode penelitian survei meliputi perkembangan metode survei, pengertian dan karakteristik metode survei, kelebihan dan kekurangan metode survei, tahapan penelitian survei bidang komunikasi, dan daftar pustaka. Bab 4 tentang metode penelitian eksperimen bidang komunikasi meliputi perkembangan metode eksperimen, pengertian metode eksperimen, karakteristik metode eksperimen, jenis penelitian eksperimen, kelemahan dan kekuatan eksperimen laboratorium dan lapangan, ancaman terhadap kualitas internal, desain penelitian eksperimen, tahapan metode eksperimen, dan daftar pustaka. Bab 5 tentang metode penelitian analisis isi meliputi perkembangan studi analisis isi, definisi analisis isi, kegunaan analisis isi, keunggulan dan keterbatasan penelitian analisis isi, karakteristik analisis isi, desain analisis isi, langkah-langkah penelitian analisis isi, uji reliabilitas intercoder, dan daftar pustaka. Bab 6 tentang metode penelitian agenda setting meliputi perkembangan penelitian agenda setting, pengertian agenda setting, pembentukan dan penentuan agenda media, model agenda setting, masalah kerangka waktu atau time frame, konseptualisasi dan pengukuran, tahapan penelitian agenda setting, dan daftar pustaka. Bab 7 tentang metode penelitian uses and gratifications meliputi perkembangan penelitian uses and gratifications, pengertian uses and gratifications, asumsi dasar dan tipologi motivasi khalayak, beberapa model teoritis uses and gratifications, kritik terhadap model penelitian uses and gratifications, tahapan penelitian uses and gratifications, cara mengukur, dan daftar pustaka. Bab 8 metode penelitian penilaian kompetensi media meliputi perkembangan penelitian kompetisi media, pengertian teori niche, metode superioritas atau kompetisi media, operasionalisasi, tahapan penelitian ekologi media, dan daftar pustaka. Bab 9 tentang metode penelitian analisis jaringan komunikasi meliputi perkembangan studi jaringan komunikasi, pengertian jaringan komunikasi, analisis jaringan komunikasi, prosedur identifikasi jaringan komunikasi, prosedur sampling, tahap-tahap analisis jaringan komunikasi, dan daftar pustaka. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan glosarium dan indeks yang mempermudah bagi pembaca untuk lebih dalam memahami buku ini. (NRI)
Tidak tersedia versi lain