Text
ETIKA PELAYANAN PUBLIK SEBUAH PENGANTAR
Abstrak Informatif
Buku berjudul etika pelayanan publik sebuah pengantar ini hadir untuk memberikan wawasan kepada pembaca yang ingin menambah wawasan tentang etika pelayanan publik. Dalam buku ini ditekankan bahwa pelayanan publik berkaitan dengan usaha memenuhi kebutuhan masyarakat baik kebutuhan untuk barang, jasa, administrasi, dan keamanan. K ebutuhan untuk barang meliputi kebutuhan sandang, papan dan pangan. Kebutuhan untuk jasa meliputi kebutuhan kesehatan, pendidikan, rekreasi, sarana transportasi, dan infrastruktur lainnya. Kebutuhan administrasi meliputi hal-hal berkaitan dengan identitas dan legalitas kepemilikan barang jasa, kebutuhan untuk keamanan meliputi kebutuhan untuk keadaan atau situasi ketertiban atau kedamaian termasuk kebebasan, baik menyangkut bebas dari ancaman, maupun bebas untuk berekspresi,dan menyatakan pendapat. Sedangkan etika pelayanan publik dalam buku ini menyangkut tiga dimensi etika pelayanan yaitu pertama dimensi tujuan etika pelayanan publik, kedua tentang dimensi aksi etika pelayanan publik, dan yang ketiga adalah dimensi kelembagaan atau institusi etika dan publik. dimensi tujuan etika peran publik menguraikan tentang kesejahteraan umum keadilan dan kebebasan sosial serta solidaritas yang dicita-citakan oleh semua lembaga terutama lembaga negara. dimensi aksi etika pelayanan publik menuruti perilaku dan tindakan Aparatur Negara di dalam merealisasikan tujuan-tujuan negara. dimensi kelembagaan atau institusi etika peran publik menurut struktur-struktur sosial budaya ekonomi dan politik yang menghambat aparatur negara dalam mewujudkan tujuan dan tujuan negara. Secara sistematis buku ini tersusun dalam 6 bab. Bab 1 merupakan pendahuluan berisi tentang pelayanan publik, pelayanan publik sebagai tindakan sosial, etika pelayanan publik, dan pelayanan publik yang etis. Bab 2 menjelaskan tentang tujuan negara dan etika pelayanan publik, Meliputi pengantar tentang tujuan negara, refleksi kritis beberapa filsuf, pelayanan publik yang etis sebagai tanggung jawab negara. Bab 3 menjelaskan tentang tuntutan normatif dan realitas pelayanan publik meliputi etika individual dan realitas pelayanan publik, etika institusional dan realitas pelayanan publik, etika pelayanan publik sebagai etika profesi. Bab 4 menjelaskan tentang masalah etis dalam struktur dominasi meliputi struktur kebutuhan Aparatur Negara, struktur pengorganisasian dalam pelayanan publik, struktur dominasi politik dalam pelayanan publik, struktur dominasi ekonomi dalam pelayanan publik, dan struktur dominasi korupsi dalam pelayanan publik. Bab 5 menjelaskan tentang pembongkaran struktur dominasi demi pelayanan publik yang etis meliputi perubahan habitus taraf mikro individu, perubahan struktur pelayanan publik taraf Messo organisasi, pembongkaran struktur dominasi taraf makro sistem politik, dan pelayanan publik yang etis. Bab 6 merupakan penutup. (NRI)
Tidak tersedia versi lain