Text
STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstrak informatif
Buku ini merupakan salah satu rujukan bagi pembaca baik dosen, mahasiswa, guru, maupun masyarakat umum yang ingin menambah wawasan tentang strategi pembelajaran. Adapun materi dalam buku ini terbagi dalam 14 bab. Bab 1 menjelaskan tentang dimensi pendidikan meliputi strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan model pembelajaran. Bab 2 menjelaskan tentang belajar dan pembelajaran meliputi pentingnya belajar dan pembelajaran, keterkaitan pembelajaran dengan otak manusia, penerapan sesi pembelajaran singkat, pentingnya tidur dalam proses pembelajaran, mengatur waktu belajar yang baik, dan menjadi pembelajaran yang baik. Bab 3 menjelaskan tentang guru dan materi pembelajaran meliputi pengertian guru, kedudukan guru, peran guru, tugas dan tanggung jawab guru, etika seorang guru, kompetensi guru, dan materi pembelajaran. Bab 4 menjelaskan tentang keterampilan mengajar meliputi hakikat keterampilan dasar mengajar, dan komponen keterampilan dasar mengajar. Bab 5 menjelaskan tentang konsep dasar strategi pembelajaran meliputi pengertian strategi pembelajaran, konsep pembelajaran, prinsip pembelajaran, keterampilan dalam pembelajaran, dan jenis-jenis strategi pembelajaran. Bab 6 menjelaskan tentang active learning meliputi pengertian active learning, peran guru dalam active learning, alasan penggunaan active learning, karakteristik active learning, prinsip active learning, komponen pendukung active learning, dan manfaat active learning. Bab 7 menjelaskan tentang cooperative learning meliputi sejarah munculnya cooperative learning, definisi cooperative learning, ciri-ciri cooperative learning, tujuan dan manfaat cooperative learning, kelemahan cooperative learning, dan jenis-jenis cooperative learning. Bab 8 menjelaskan tentang Contekstual Teaching and Learning (CTL), meliputi pengertian Contekstual Teaching and Learning (CTL), dan karakteristik Contekstual Teaching and Learning (CTL). Bab 9 menjelaskan tentang Problem Based Learning (PBL), meliputi pengertian Problem Based Learning (PBL), tujuan Problem Based Learning (PBL), prinsip-prinsip Problem Based Learning (PBL), ciri-ciri Problem Based Learning (PBL), tahapan Problem Based Learning (PBL), the seven jumps dalam Problem Based Learning (PBL), hubungan Problem Based Learning (PBL) dan berpikir kritis, peran guru dalam Problem Based Learning (PBL). Bab 10 menjelaskan tentang quantum learning, meliputi memahami quantum learning, mengoptimalkan kondisi bahagia otak, langkah-langkah pengoptimalan quantum learning, tahapan quantum learning. Bab 11 menjelaskan tentang scientific learning, meliputi hakikat scientific learning, karakteristik scientific learning, tahapan scientific learning. Bab 12 menjelaskan tentang discovery learning, meliputi pengertian discovery learning, karakteristik discovery learning, prinsip discovery learning, tujuan dan manfaat discovery learning, tahapan discovery learning, kelebihan dan kelemahan discovery learning. Bab 13 menjelaskan tentang inquiry learning, meliputi prinsip dasar inquiry learning, pelaksanaan inquiry learning, dan peran guru dalam inquiry learning. Bab 14 menjelaskan tentang project based learning, meliputi pengertian project based learning,kelebihan dan kelemahan project based learning, pedoman dasar project based learning, dan pemeran project based learning. (NRI)
Tidak tersedia versi lain