Text
MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK : Teori & Praktik
Abstrak Informatif
Setiap anak berhak untuk mendapatkan kesempatan tumbuh dan berkembang secara optimal baik dari segi fisik, mental, maupun sosial, dikarenakan anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki hak dan kewajiban ikut serta membangun negara. Salah satu program Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam mewujudkan pendidikan yang ramah bagi anak adalah mencanangkan program Sekolah Ramah Anak (SRA). Hal ini sejalan dengan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2002 pasal 4 tentang perlindungan anak yang menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi pembaca baik dosen mahasiswa guru praktisi pendidikan maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih dalam tentang manajemen sekolah ramah anak baik dari segi teori maupun praktik sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan khususnya dalam pendidikan bagi anak.
Secara sistematis buku ini tersusun atas tiga bab yaitu bab 1 merupakan pendahuluan berisi rumusan masalah dan tujuan, bab 2 berisi tentang teori kebaharuan meliputi manajemen sekolah, fungsi manajemen, pendekatan manajemen, unsur-unsur manajemen, kepala sekolah, dan sekolah ramah anak, bab 3 berisi tentang pembahasan meliputi perencanaan sekolah ramah anak, pelaksanaan sekolah ramah anak, dan evaluasi sekolah ramah anak. (NRI)
Tidak tersedia versi lain