Text
TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN : Konsep dan Implementasinya
Abstrak Informatif
Buku ini merupakan salah satu rujukan bagi pembaca baik dosen, mahasiswa, guru, kepala sekolah, maupun masyarakat umum yang ingin menambah wawasan tentang total quality management dalam pendidikan meliputi konsep dan implementasinya dalam dunia pendidikan. Total quality management merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk menghasilkan proses maupun produk yang bermutu melalui upaya perbaikan berkelanjutan terhadap sumber daya organisasi sehingga akan menghasilkan produk yang bermutu. Begitu juga halnya dengan mutu pendidikan. mutu pendidikan maupun mutu lembaga tertuju pada mutu lulusan, jika pendidikan atau lembaga pendidikan menghasilkan urusan yang bermutu maka harus melalui proses pendidikan yang bermutu pula. Proses pendidikan yang bermutu harus didukung oleh sumber daya manusia yang bermutu dan profesional, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya, biaya yang mencukupi, lingkungan yang mendukung, serta kepemimpinan dan manajemen yang tepat. Adapun materi dalam buku ini dibagi dalam 6 bab. Bab 1 menjelaskan tentang asal mula dan definisi total quality management dalam pendidikan. Bab 2 menjelaskan tentang tujuan dan manfaat serta prinsip-prinsip dalam total quality management, meliputi tujuan dan manfaat implementasi total quality management di lembaga pendidikan, prinsip-prinsip dan implementasi total quality management di lembaga pendidikan, dan prinsip continuous improvement dalam total quality management. Pada Bab 3 dijelaskan tentang stakeholder dalam implementasi total quality management di lembaga pendidikan, langkah-langkah implementasi total quality management di lembaga pendidikan, dan indikator keberhasilan implementasi total quality management di lembaga pendidikan. Pada bab 4 dijelaskan tentang kepemimpinan berbasis total quality management di lembaga pendidikan meliputi pengertian kepemimpinan, karakteristik pemimpin yang bermutu, dan peran pemimpin pendidikan dalam implementasi total quality management. Selanjutnya pada bab 5 dijelaskan tentang konsep penjaminan mutu pendidikan, akreditasi sekolah sebagai proses penjaminan mutu pendidikan, dan mengenal standar mutu internasional. (NRI)
Tidak tersedia versi lain