Text
“Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning pada Produk Sajadah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan”,
Kata Kunci: Strategi segmenting, targeting dan positioning. Produk sajadah,
Jumlah nasabah.
Strategi adalah rencana jangka pendek maupun jangka panjang tentang
bagaimana perusahaan akan mencapai misinya, BMT Nuansa Umat Cabang
Pakong Pamekasan memiliki berbagai macam produk simpanan yang salah satunya
adalah produk Sajadah. Dengan adanya produk Sajadah, maka diperlukan sebuah
strategi khusus agar bisa meningkatkan jumlah nasabah, salah satunya dengan
strategi segmenting, targeting dan positioning. Berdasarkan hal tersebut, maka
penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui tentang strategi segmenting,
targeting dan positioning pada produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang
Pakong Pamekasan. Kedua, mengetahui bagaimana analisis SWOT atas strategi
STP pada produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, Penelitian ini melibatkan Kepala Cabang, Bagian tabungan dan juga
anggota BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan. Dengan tekhnik
pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi dan wawancara. Alasan saya
memilih judul diatas dikarenakan produk Sajadah yang ada di BMT Nuansa Umat
Cabang Pakong Pamekasan dengan keunikannya yang memperoleh hadiah diawal
tanpa diundi apapun cukup menarik untuk diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi yang digunakan
oleh BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan menggunakan 3 strategi
sebagai berikut: a) Segmentasi pasar produk sajadah yang dilakukan oleh BMT
Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan menggunakan 3 variabel yaitu geografik,
demografi, dan tingkah laku. b) Untuk targeting menggunakan pola spesialisasi
pasar. c) Positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah yang sesuai
dengan syariah islam. Kedua, berdasarkan analisis SWOT pada strategi
segmenting, targeting dan positioning pada produk sajadah dapat diketahui: a)
Kekuatan dari startegi STP produk sajadah di BMT Nuansa Umat Cabang Pakong
Pamekasan yaitu terletak di Brand Image dan hadiah yang menarik di awal
pembukaan tabungan. b) Kelemahan yaitu terdapat pada peraturan yang membatasi
jumlah tabungan serta tidak dapat ditarik sebelum jatuh tempo. c) Peluang yaitu
banyaknya kalangan menengah kebawah maupun kalangan menengah keatas yang
meninginkan hadiah. d) Ancaman dalam melakukan strategi STP produk sajadah di
BMT Nuansa Umat Cabang Pakong Pamekasan yaitu disebabkan karena adanya
pesaing yang terlebih dahulu menawarkan produk yang hampir sama dengan
sajadah
Tidak tersedia versi lain