Text
Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Tehadap Minat Anggota Pada Produk Pembiayaan Murabahah di BMT NU Cabang Utama Sumenep
Kata kunci: Personal Selling, Kualitas Produk, Minat Anggota
Saat ini, keberadaan lembaga keuangan sangat dibutuhkan di berbagai
tempat karena tidak hanya sebagai tempat penyimpanan uang saja, melainkan juga
sebagai tempat dimana modal terhimpun dan dapat diakses. Bank punya peran besar
dalam menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkan sebagai
usaha, sehingga terciptanya pertumbuhan ekonomi. Personal selling dan kualitas
produk sangat diperlukan oleh lembaga keuangan agar bisa mempengaruhi calon
anggota maupun anggota agar bisa mendapatkan minat dari anggota atau nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah personal selling dan
kualitas produk berpengaruh terhadap minat anggota pada produk pembiayaan
murabahah di BMT NU Cabang Utama Sumenep. Metode yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple
random sampling. Penelitian ini menggunakan 99 responden dengan menyebarkan
kuesioner pada anggota produk pembiayaan murabahah.
Hasil penelitan berdasarkan hasil uji t untuk variabel personal selling yaitu
memiliki pengaruh signifikan terhadap minat anggota dengan nilai thitung 3,114 >
ttabel 1,98472 dan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Untuk variabel kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap minat anggota diperoleh oleh nilai thitung 6,425 >
ttabel 1,98472 dan taraf siginifikan 0,000 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan
uji F menunjukkan bahwa personal selling dan kualitas produk secara bersamasama atau serentak berpengaruh signifikan terhadap minat anggota dengan Fhitung
25,734 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain