Text
Pengaruh Personal Selling Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Anggota Pada Produk Pembiayaan Lasisma di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep,
Kata Kunci: Personal Selling, Word Of Mouth, Minat Nasabah
Pemasaran merupakan salah satu sarana bagi perusahaan untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan. Khususnya di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep. Agar tujuan tersebut
tercapai, maka setiap perusahaan harus menghasilkan dan menyampaikan barang atau jasa sesuai
keinginan konsumen dengan memberikan pelayanan yang menyenangkan dan fasilitas yang
menunjang. Salah satunya cara pemasaran yang paling efektif adalah personal selling dan word
of mouth. Personal selling dan word of mouth memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam
kelangsungan hidup suatu perusahaan. Karena personal selling dan word of mouth dapat
menyebar luas secara cepat dan dapat dipercaya oleh para calon konsumen. Mengingat sekarang
ini banyak perusahaan atau lembaga keuangan yang bersaing secara ketat khususnya di BMT NU
Cabang Lenteng Sumenep. Sehingga komonikasi secara personal selling dan word of mouth
sangat penting dilakukan.
Jenis penelitian ini adalah kolerasional yaitu penelitian degan menggunakan analisis
statistik atau angka-angka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan
kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota yang
menggunakan pembiayaan lasisma di BMT NU Cabang Lenteng yang berjumlah 800 anggota
atau 160 kelompok dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik insidental sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner yang
disebarkan pada anggota pembiayaan lasisma di BMT NU Cabang Lenteng Sumenep. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda.
Hasil penelitan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2
) menunjukkan bahwa
kemampuan model dalam menjelaskan pengaruh variabel bebas yaitu personal selling dan word
of mouth terhadap variabel terikat yaitu minat anggota sebesar 0,549 atau 54,9%, dan sisanya
sebesar 45,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain