Text
, Pengaruh Personal Selling dan Publisitas Terhadap Keputusan Menabung Pada Produk Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Personal Selling, Publisitas, Keputusan Menabung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
personal selling dan publisitas secara parsial dan secara simultan terhadap
keputusan menabung di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian kausal yang menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel
dalam penelitian ini adalah 99 responden nasabah BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pamekasan. Adapun metode pemilihan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan teknik nonprobability sampling dengan metode
convenience sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban
responden dari kuesioner yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam
penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji
regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas), dan uji hipotesis
(koefisien determinasi, uji F, dan uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, personal selling
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai t hitung
5,953 > t tabel 1,98472 dan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. Kedua, publisitas
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai t hitung
3,559 > t tabel 1,98472 dan taraf signifikansi 0,001 < α = 0,05. Dan ketiga,
personal selling dan publisitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan
menabung dengan nilai F hitung 52,963 > F tabel 3,94 dan taraf signifikansi 0,000
< α = 0,05
Tidak tersedia versi lain