Text
Pengaruh Harga dan Label Halal Tterhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mi Samyang dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN MADURA)
Kata Kunci: Harga, Label Halal, dan Keputusan Pembelian.
Produksi, konsumsi, dan distribusi merupakan tiga aspek yang tidak akan pernah
lepas dari kegiatan-kegiatan ekonomi yang sering dilakukan oleh manusia. kegiatan
konsumsi merupakan bagaimana seseorang menggunakan ataupun memanfaatkan barang
atau jasa dengan kebutuhan yang sesuai pada ajaran agama didalam agama Islam manusia
dilarang ishraf atau berlebih-lebihan. dalam membuat keputusan untuk membeli suatu
barang harus mempertimbangkan beberapa hal yaitu barang yang dibeli tidak haram
secara zatnya dan cara mendapatkan tidak dengan cara yang haram.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui apakah harga
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mi samyang dalam prespektif ekonomi
Islam pada mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura. Kedua untuk mengetahui apakah
label halal memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mi samyang dalam
prespektif ekonomi Islam pada mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura. Ketiga untuk
mengetahui pengaruh harga dan label halal terhadap keputusan pembelian mi samyang
dalam prespektif ekonomi Islam pada mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis
regresi linear berganda, dan menggunakan bantuan alat analisis SPSS 24. Jenis
data yakni data primer dan data sekunder responden sebanyak 224 mahasiswa
ekonomi syariah di IAIN Madura. Instrumen yang digunakan adalah
pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) pembuktian hipotesis menggunakan
uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, berdasarkan hasil uji t
menunjukkan bahwa thitung (5,320) > ttabel (1,971) dengan nilai signifikan 0,000<
0,05, dalam artian hargaberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
pada produk mi samyang oleh mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura.
Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwadengan nilai thitung (3,234) > ttabel
(1,971) dan nilai signifikan 0,001< 0,05, dalam artian label halal berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk mi samyang oleh
mahasiswa ekonomi syariah IAIN Madura. Kedua, hasil uji F memperoleh
Fhitung139,186> Ftabel 3,036 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan
bahwa harga dan label halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian pada produk mi samyang oleh mahasiswa ekonomi syariah IAIN
Madura.Ketiga, berdasarkan nilai koefisien determinasi harga dan label halal
berpengaruh sebesar 55,7% dan 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Tidak tersedia versi lain